Susul Citilink, Wings Air Bakal Terbang Jakarta-Purbalingga-Semarang PP

PURBALINGGA – Setelah Citilink Indonesia, Lion Air Group juga tertarik membuka dari dan menuju Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga. Lewat maskapai , perusahaan berencana mengoperasikan -Purbalingga-Semarang PP. Jika tidak ada aral melintang, mereka akan melakukan penerbangan perdana pada akhir Juni 2021 mendatang.

Maskapai Wing Air - www.tiketpesawat.com

Maskapai Wing Air – www.tiketpesawat.com

“Pertemuan sudah dilakukan, dan dalam waktu dekat pada akhir Juni 2021, direncanakan Lion Air Group melalui Wings Air akan membuka rute Jakarta-Purbalingga-Semarang dan sebaliknya,” jelas Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, dikutip dari Kompas. “Dengan bertambahnya rute dari dan menuju Bandara Jenderal Besar Soedirman,  kami harapkan dapat semakin mendukung aktivitas masyarakat, termasuk mendukung UMKM di Purbalingga dan daerah sekitar.”

Sebagai bandara yang baru dibangun dan dalam tahap , Bandara Jenderal Besar Soedirman dinilai sangat produktif. Utilitas dan produktivitas bandara tidak dapat terlepas dari antusiasme masyarakat yang sudah lama menantikan bandara ini. Awaluddin mengungkapkan, tingkat keterisian penumpang (load factor) untuk rute dari dan ke Jakarta saat baru dibuka mencapai 70 persen dan kini sudah meningkat hingga 80 persen.

“Operasional Bandara Jenderal Besar Soedirman tidak lepas dari peran TNI AU yang berkontribusi lahan di wilayah Lanud Jenderal Besar Soedirman, selanjutnya Pemprov Jawa Tengah yang mendukung pengadaan lahan untuk runway, dan Pemkab Purbalingga yang mendukung pembangunan akses jalan darat, pengadaan tanah, rehabilitasi drainase, dan terminal,” sambung Awaluddin. “Kolaborasi ini mampu mempercepat produktivitas Bandara Jenderal Besar Soedirman.”

Sementara itu, Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, mengatakan bahwa seluruh pihak harus berkolaborasi dan bersinergi untuk semakin memajukan Bandara Jenderal Besar Soedirman. Menurutnya, pariwisata merupakan sektor potensial hampir seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah bagian barat-selatan. “Mudah-mudahan keberadaan bandara ini dapat memberikan dampak signifikan, dampak yang baik untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya di Jawa Tengah bagian barat-selatan,” ujar Dyah.