Wings Air Jajaki Penerbangan Jakarta-Blora, Lewat Bandara Soekarno-Hatta?

JAKARTA/BLORA – Maskapai Wings Air dikabarkan sedang menjajaki kemungkinan membuka rute Jakarta-Blora melalui Ngloram yang berada di Kecamatan Cepu. Namun, karena Halim Perdanakusuma saat ini sedang dalam tahap renovasi, tersebut akan berangkat dari Bandara Pondok Cabe, bukan dari Bandara .

Maskapai Wings Air – beritabeta.com

Seperti diberitakan Radar Kudus, pada tanggal 9 Mei 2022 lalu, Bupati Blora, H. Arief Rohman, ditemani Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, menerima kedatangan Area Manager Wings Air wilayah Jawa Tengah-DIY, Widi Wiyanti, yang ditemani Kepala Bandara Ngloram, Ariadi Widiawan. Dalam pertemuan tersebut, Wings Air mengemukakan minat mereka untuk mengoperasikan penerbangan Jakarta-Blora pulang-pergi.

“Kami ditugasi oleh pusat untuk segera membuka penerbangan kembali di Bandara Ngloram dalam waktu dekat dengan rute Jakarta-Cepu. Karena Bandara Halim Perdanakusuma masih renovasi, maka penerbangan nantinya akan dilakukan dari dan ke Bandara Pondok Cabe,” papar Ariadi. “Kami gandeng Wings Air sebagai maskapai penerbangannya. Kami mendampingi pihak Wings Air bertemu Bupati dan Wakil Bupati Blora.”

Ariadi melanjutkan, potensi pasar penerbangan dari Cepu ke Jakarta dan sebaliknya sangat besar. Terbukti maskapai Citilink mengoperasikan rute Ngloram-Halim Perdanakusuma, okupansi selalu diatas 60 persen, bahkan pernah mencapai 90 persen. “Kami yakin (okupansi) Wings Air nanti juga akan bagus, apalagi dukungan Pak Bupati dan jajaran Pemerintah Kabupaten Blora juga luar biasa,” sambung Ariadi.  

Sementara itu, Widi dari pihak Wings Air mengaku optimistis mengenai pembukaan penerbangan di Bandara Ngloram. Walau belum bisa memberikan banyak keterangan, tetapi dia menuturkan bahwa rute ini kemungkinan akan dilayani ATR-72, sedangkan jadwal dan harga tiket akan dibahas kemudian. “Apa yang kami dapatkan dari Blora akan kami sampaikan ke pusat agar bisa segera ditindaklanjuti,” ujar Widi.

Sebelumnya, penerbangan Jakarta-Blora sempat dilayani maskapai Citilink. Namun, karena Bandara Halim Perdanakusuma mengalami renovasi, penerbangan tersebut dialihkan menjadi rute Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta)-Surabaya-Blora PP. Sayangnya, saat ini Citilink memutuskan menghentikan penerbangan tersebut. Walau Bandara Ngloram masih beroperasi, tetapi tidak ada penerbangan komersial.