Covid-19 Mereda, Vietnam Airlines Kembali Terbang Ho Chi Minh-Jakarta PP

Setelah sempat berbulan-bulan ditutup karena pandemi Covid-19, Airlines kembali mengoperasikan -Jakarta PP melalui Internasional Soekarno-Hatta. Keputusan maskapai untuk membuka kembali penerbangan ini karena ada permintaan yang cukup tinggi dari masyarakat Vietnam menuju Jakarta.

Maskapai Vietnam Airlines – skytraxratings.com

Pengoperasian kembali relasi Ho Chi Minh menuju Jakarta dilayani dengan nomor penerbangan VN631 yang berangkat dari kota terbesar Vietnam pada pukul 09.40 waktu setempat dengan membawa 144 . Sementara itu, rute sebaliknya bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 13.50 WIB dengan mengangkut 171 . “Ada permintaan perjalanan yang tinggi antara Vietnam dan Indonesia,” tutur Kepala Kantor Perwakilan Vietnam Airlines di Indonesia, Nguyen Minh Toan.

Menurut laporan Vietnam News Agency, untuk relasi tersebut, Vietnam Airlines sekarang melayani perjalanan pulang-pergi reguler setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu. Dimulainya kembali rute udara antara kedua negara dengan tiga penerbangan per minggu menandai awal bagi maskapai sebelum dapat memulihkan frekuensi penerbangan menjadi tujuh hari per pekan seperti sebelum pandemi virus .

Sebelum mengoperasikan kembali rute penerbangan Ho Chi Minh City-Jakarta PP, Vietnam Airlines pada pertengahan Juni 2022 lalu membuka relasi penerbangan dari Hanoi dan Ho Chi Minh City menuju New Delhi, India. Relasi Hanoi-New Delhi dilayani setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat setiap minggunya, sedangkan penerbangan rute Ho Chi Minh City-New Delhi beroperasi setiap hari Kamis dan Sabtu.

Untuk rute penerbangan Hanoi-New Delhi, dilayani pesawat dengan nomor penerbangan VN5025, terbang dari Vietnam pukul 11.50 waktu setempat dan tiba pukul 14.25 waktu setempat. Sementara itu, relasi sebaliknya dengan nomor penerbangan VN5024 bertolak dari Bandara Internasional New Delhi pada pukul 16.00 waktu setempat dan mendarat di Vietnam pada pukul 21.30 waktu setempat.

penerbangan relasi Ho Chi Minh City-New Delhi tidak jauh berbeda, yakni berangkat pada pukul 11.55 waktu setempat dan tiba di ibu kota India pada pukul 15.00 waktu setempat dengan nomor penerbangan VN5029. Sementara itu, relasi New Delhi-Ho Chi Minh City dengan nomor penerbangan VN5028 terbang pada pukul 16.00 waktu setempat dan mendarat pada pukul 22.30 waktu setempat.