Bandara Soekarno-Hatta Tambah Gerai Vaksinasi Booster di Terminal 2D & 2E

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) II melakukan penambahan sentra vaksinasi di , Tangerang, Banten. Selain di , sentra vaksinasi sekarang juga tersedia di Bandara Soetta sejak Kamis (7/4) lalu.

Layanan Vaksinasi di Bandara - www.paho.org

Layanan Vaksinasi di Bandara – www.paho.org

“Sentra vaksinasi booster dibuka di Hall Area Terminal Kedatangan 2 D-E untuk mendukung termasuk pada periode Angkutan Lebaran 2022,” ujar Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin, Jumat (8/4), seperti dilansir dari Republika.

Lebih lanjut Awaluddin menuturkan, sentra vaksinasi booster di Terminal 2 dibuka setiap hari pada pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Penumpang yang hendak melakukan booster diimbau untuk datang 4 jam sebelum dan harus sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua minimal selama 3 bulan.

“Mereka yang mau divaksin Covid-19 di dua gerai itu datang empat jam sebelum divaksin,” imbuh Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi. Ia juga menjelaskan, calon penerima vaksin wajib membawa KTP asli dan minimal berusia 18 tahun. “Mereka wajib mematuhi protokol kesehatan saat akan divaksin,” sambungnya.

Selain di Bandara Soekarno-Hatta, Awaluddin memastikan layanan sentra vaksinasi booster juga dibuka di bandar udara lainnya yang berada di bawah pengelolaan AP II. “Kami berharap Angkutan Lebaran dapat berjalan lancar salah satunya didukung sentra vaksinasi booster. AP II mendukung mudik aman dan mudik sehat,” beber Awaluddin.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy juga sudah melakukan pemeriksaan terkait kesiapan Bandara Soekarno-Hatta untuk menghadapi masa angkutan Lebaran 2022. “Peninjauan Bandara Soekarno-Hatta sehubungan dilaksanakannya mudik, yang sudah 2 tahun kita tidak melaksanakan. Kita jauh-jauh hari menyiapkannya, termasuk di Bandara Soekarno-Hatta,” ucap Muhadjir.

Muhadjir berpendapat bahwa Bandara Soekarno-Hatta merupakan titik sentral dari bandara yang lain. Oleh sebab itu, keberadaan sentra vaksinasi booster di Bandara Soekarno-Hatta sangat penting untuk mendukung penumpang pesawat dalam memenuhi protokol kesehatan. Seperti diketahui, kini persyaratan penerbangan terbaru untuk rute domestik khusus penumpang yang sudah vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak perlu lagi menunjukkan hasil tes Covid-19.