September 2023, Giliran Produk UMKM Kabupaten Tangerang Mejeng di Bandara Soekarno-Hatta

TANGERANG – Tahun ini memang dijadikan semacam mall untuk mendukung dan mempromosikan produk-produk UMKM dari berbagai provinsi di Indonesia. Nah, pada bulan September 2023 ini, giliran produk UMKM asal Kabupaten Tangerang yang mejeng di area lewat Small Medium Enterprise Creative Festival.

Produk UMKM Kabupaten Tangerang di Bandara Soekarno-Hatta - (koranpelita.co)

Produk UMKM Kabupaten Tangerang di Bandara Soekarno-Hatta – (koranpelita.co)

“Festival UMKM ini merupakan bagian dari upaya Kabupaten Tangerang mendukung pelaku UMKM dan mempromosikan produk mereka secara luas,” ujar Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, saat membuka gerai. “Kami berharap para pelaku UMKM Kabupaten Tangerang bisa bangkit dan semangat serta termotivasi untuk terus meningkatkan kualitas produk-produk mereka.”

Dirinya pun meminta para pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang terus berinovasi, baik dari segi peningkatan kualitas produk maupun pemasaran. Zaki berharap yang telah disediakan di Terminal 3 bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk meraih pasar yang lebih baik. “Mari kita dukung segala , baik itu peningkatan produk, kualitas produk UMKM, packaging, marketing, dan lain sebagainya yang telah diberikan. Maksimalkan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kualitas produk,” sambung dia.

Sementara itu, Executive GM Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana, mengungkapkan, pihaknya berkewajiban mengembangkan dan memberdayakan pelaku UMKM melalui program CSR, terutama di wilayah sekitar bandara, termasuk wilayah Kabupaten Tangerang. Pihaknya ingin Bandara Soekarno-Hatta juga menjadi salah satu bandara yang bermanfaat untuk mendukung pembangunan UMKM di Indonesia.

“Kami berharap para pelaku UMKM bisa memanfaatkan peluang untuk mengenalkan dan memasarkan produk mereka kepada pengguna jasa bandara, tidak hanya penumpang, tetapi juga karyawan,” kata dia. “Tentunya harapan kami untuk UMKM Kabupaten Tangerang bisa lebih sukses lagi, bisa lebih berhasil lagi sehingga nanti pelaku UMKM bisa dikenal karena pasti ada turis asing. Jadi mungkin nanti akan tertarik dan mengajak kerja sama dan lain sebagainya, kami dari Angkasa Putra akan support semua.”

Sebelumnya, pada Mei 2023 lalu, puluhan produk UMKM Kota Tangerang telah terlebih dahulu dipamerkan di Gerai Nusantara Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Saat itu, produk UMKM yang dipamerkan dan dipasarkan di Gerai Nusantara tersebut di antaranya aneka makanan olahan, souvenir, makanan ringan, makanan siap saji, batik khas Kota Tangerang, pakaian, hingga kerajinan tangan.