7 Penerbangan Dialihkan dari Halim ke Bandara Soetta, Ini Sebabnya

Jakarta – Setelah tergelincirnya , Sulawesi Selatan di landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, terdapat 7 yang terpaksa dialihkan ke Bandara , Tangerang, Banten pada Sabtu (20/3).

Pesawat kargo Trigana Air tergelincir

Pesawat kargo Trigana Air tergelincir di Banda Halim Perdanakusuma, Jakarta – pikiran-rakyat.com

“Saat ini terdapat 7 flight yang dialihkan, di mana 5 flight Batik Air dan 2 flight Citilink,” ucap Vice President Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano, Sabtu (20/3). Yado menjelaskan, penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma telah dialihkan sejak Sabtu siang sekitar jam 12.30 WIB.

“Kami berkoordinasi dengan stakeholder dalam penanganan pesawat yang tergelincir ini, dan mulai pukul 12.30 WIB untuk sementara waktu jika ada penerbangan dari dan ke Bandara Halim Perdanakusuma akan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta,” imbuh Yado.

Pesawat yang tergelincir pada Sabtu kemarin merupakan pesawat dari Trigana Air Boeing 737-500. “Pesawat kargo Trigana Air Boeing 737-500 nomor registrasi PK-YSF tergelincir di , sehingga badan pesawat menutupi sejumlah area (blocked by aircraft),” beber Yado. Dalam pesawat kargo tersebut ada 2 orang pilot, 1 orang teknisi, dan 1 orang FOO. Beruntung karena tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma Marsma Pnb TNI Nandang Sukarna menambahkan jika untuk sementara seluruh penerbangan dari dan ke Bandara Halim Perdanakusuma ditutup selama 1 x 24 jam. Ia juga mengharapkan proses evakuasi bisa segera selesai. “Kami berharap 1×24 jam kami tutup dulu mudah-mudahan besok (Minggu) pagi bisa terevakuasi. Tapi andai kata, mudah-mudahan cuaca hari ini bagus untuk diangkut,” jelasnya. 

Pihak Bandara Halim Perdanakusuma sendiri menyiapkan 28 unit bus untuk mengangkut para menuju Bandara Soetta. Berdasarkan informasi yang diterima, rupanya terdapat permasalahan pada salah satu mesin, yakni mesin nomor dua pada pesawat kargo Trigana Air jenis Boeing 737-500.