Ruas Pamulang-Cinere Rampung, Tol Bandara Soekarno-Hatta Bakal Tersambung Tol Jagorawi

JAKARTA – Akses jalan menuju Internasional kini bertambah. Pasalnya, dari pelabuhan udara tersebut melewati Kunciran, Serpong, dan Pamulang tidak lama lagi akan tersambung dengan Jagorawi. Hal ini lantaran PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya, PT Cinere Serpong Jaya, telah merampungkan konstruksi Seksi II ruas Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 km.

PT Cinere Serpong Jaya, selesai merampungkan konstruksi Seksi II ruas Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 km – www.liputan6.com

“Proses uji laik fungsi akan dilakukan pada triwulan I 2022 ini, dan ini merupakan tahap terakhir dari rangkaian progres Jalan Tol Serpong Cinere ruas Pamulang-Cinere sebelum dioperasikan dan bisa digunakan masyarakat,” papar Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya, Mirza Nurul Handayani, dilansir Kompas. “Progres konstruksi sebenarnya sudah rampung sejak November 2021 lalu dan saat ini masih dalam proses serah terima sementara.”

Ditanya mengenai pengoperasian ruas ini, Mirza menjelaskan, target pengoperasian menyesuaikan dengan rampungnya pekerjaan pembangunan dari Jalan Tol Cinere-Jagorawi ruas Limo-Kukusan yang dikelola oleh PT Translingkar Kita Jaya. Pasalnya, ujung dari main road Jalan Tol Serpong Cinere ruas Pamulang-Cinere di kilometer 35+250 akan tersambung langsung dengan main road dari Jalan Tol Cinere-Jagorawi ruas Cinere-Limo.

Sementara itu, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, mengatakan bahwa Jalan Tol Serpong Cinere ruas Pamulang-Cinere ini akan melengkapi ruas Serpong-Pamulang yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo dan dioperasikan pada April 2021 lalu. Jalan Tol Serpong-Cinere sendiri memiliki panjang total 10,14 km, yang terdiri dari Seksi I ruas Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 km dan Seksi II ruas Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 km.

“Pengguna jalan tol dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta dapat mengakses Gerbang Tol Benda Utama yang jaraknya dengan bandara kurang dari 10 menit,” papar Dwimawan. “Dengan melewati jaringan Jalan Tol JORR 2 menuju Bandara Soekarno-Hatta, untuk pengguna jalan yang tinggal di sekitar Jabotabek, juga dapat menghindari kepadatan yang berpotensi terjadi di Jalan Tol Sedyatmo yang merupakan akses utama dari Jalan Tol JORR 1 dan Jalan Tol Dalam Kota, baik dari arah Tanjung Priok maupun arah Cawang.”