Mulai Besok Wajib PCR, Segini Harga Tes di Sejumlah Maskapai Penerbangan

Jakarta telah menetapkan aturan terbaru mengenai perjalanan domestik. Mulai tanggal 24 Oktober 2021, rute intra Jawa dan Bali wajib menyertakan persyaratan berupa dokumen tes RT-PCR dengan hasil negatif Covid-19. pun meminta operator sarana dan prasarana untuk memberi sosialisasi pada calon penumpang terkait kebijakan baru tersebut.

Layanan Tes PCR di Bandara - www.suara.com

Tes PCR di Bandara – www.suara.com

“Kami juga meminta operator dapat menerapkan ketentuan ini secara konsisten dan ikut melaksanakan pengawasan penerapan prokes dari penumpang,” ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, Kamis (21/10), seperti dilansir Tempo.

Sejumlah pun menjalin kerja sama dengan penyedia layanan dan laboratorium untuk menawarkan berbagai promo paket tes PCR guna meningkatkan minat penumpang menggunakan moda transportasi udara. Sebagai contoh, Citilink Indonesia mengadakan promo layanan gratis PCR atau Rapid Test Antigen di 19 kota keberangkatan pada penumpang dengan jadwal keberangkatan sampai 31 Oktober 2021. Promo tersebut digelar oleh anak usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dengan SiCepat Ekspres.

Dalam sehari, kuota gratis PCR yang diberikan Citilink mencapai 200. Citilink juga menawarkan antigen gratis dengan kuota 50 per hari untuk pembelian tercepat dan menyesuaikan berapa dosis vaksin yang telah diperoleh penumpang. Jika kuota harian habis, penumpang akan memperoleh penawaran harga khusus PCR mulai Rp375 ribu atau rapid antigen Rp95 ribu untuk setiap transaksi di situs Pasporsehat atau aplikasi eHAC melalui kanal berlogo Citilink. Promo ini berlaku di Tangerang, Jakarta, Bali, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Semarang, Samarinda, Banjarmasin, Balikpapan, Batam, Padang, Pekanbaru, Lampung, Lombok, Malang, Makassar, dan Jambi.

Kemudian, maskapai Lion Air Group juga menawarkan harga tes RT PCR Rp250 ribu yang berlaku di mitra jejaring fasilitas kesehatan Daya Dinamika Sarana Medika (DDSM) dan SWABAJA di area Jabodetabek untuk keberangkatan dari 2 bandara, yakni Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma. Tarif tes Covid-19 di Batam, Surabaya, Sidoarjo, Makassar, Sulawesi Selatan, misalnya, kini dipatok seharga Rp350 ribu. Harga yang sama berlaku di Rumah Sakit Sheila Medika Sidoarjo serta Surabaya, Jawa Timur.

Tak ketinggalan maskapai Sriwijaya Air menyediakan layanan swab test PCR sebesar Rp485 ribu dan layanan home care Rp495 ribu. Layanan tersebut bekerja sama dengan Lab Swabaja Sunda Kelapa yang berada di Jakarta.