Tak Ada Kendala, WIKA Targetkan Terminal 3 Bandara Soetta Rampung 2017

Jakarta – PT Wijaya Karya Tbk, badan usaha milik (BUMN) di bidang konstruksi yang memimpin Terminal 3 Internasional Soekarno Hatta menyebutkan bahwa pembangunan masih berjalan sesuai rencana dan tidak ada kendala.

terminal 3 ultimate bandara soekarno hatta - www.tribunnews.com

terminal 3 ultimate bandara soekarno hatta – www.tribunnews.com

Hingga kini pembangunan T3 Ultimate menurut PT WIKA diklaim telah mencapai 45% hingga awal Oktober 2016 ini. Sementara itu, pembangunan terminal ditargetkan selesai pada kuartal I 2017, sesuai rencana dan PT Angkasa Pura (AP) II, selaku pengelola Bandara Soetta, Cengkareng, Tangerang.

“Progress pembangunan yang sudah dilakukan hingga saat ini meliputi pembangunan terminal , termasuk di dalamnya jalur penghubung menuju terminal, lalu area parkir serta apron,” ujar Suradi selaku Sekretaris Wijaya Karya.

Berjalannya proses pembangunan sesuai target ini menurut Suradi tidak lepas dari pengalaman PT WIKA membangun berbagai terminal bandara di Indonesia.

“Kami telah berpengalaman dalam pengembangan seperti bandara di Bali, Balikpapan, dan lain-lain,” ungkap Suradi.

“Kami sebagai konsorsium ditunjuk karena memiliki beberapa kelebihan dalam pelaksanaan pekerjaan, antara lain yang lebih murah, pengerjaan yang efisien, serta waktu pengerjaan yang lebih cepat,” imbuhnya.

Walaupun sempat terjadi masalah seperti genangan air beberapa waktu lalu di proyek Terminal 3 yang memakan nilai kontrak sebesar Rp 4,7 triliun tersebut, menurut Suradi hal itu masih dalam taraf wajar dan bukan hal yang terlalu signifikan.

“Kalaupun ada masalah seperti genangan yang terjadi pada waktu awal pengoperasian, itu bukan hal yang signifikan. Wajar genangan terjadi karena pada saat itu curah hujan sedang tinggi, sementara ada saluran air yang sempat tertutup dan genangan yang terjadi bisa segera diatasi,” papar Suradi.