Berlaku 17 Juli 2022, Penumpang Pesawat Rute Domestik Harus Vaksin Booster

JAKARTA – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengeluarkan aturan terbaru naik umum. Sekarang, bagi mereka yang melakukan perjalanan jarak jauh , termasuk pesawat udara, diwajibkan sudah menerima dosis ketiga atau booster. tersebut akan diterapkan mulai tanggal 17 Juli 2022 mendatang.

Kegiatan vaksinasi di Bandara Soekarno-Hatta – tangerangonline.id

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 70 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Disease 2019 (Covid-19). Pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang telah mendapatkan vaksin booster, tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau antigen

Sementara itu, PPDN yang (masih) mendapatkan vaksinasi dosis kedua, wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam, atau hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan, dan dapat melakukan vaksinasi dosis ketiga (booster) on-site saat keberangkatan.

Namun, PPDN dengan usia dibawah 6 tahun, dikecualikan dari ketentuan vaksinasi dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen. Meski demikian, wajib melakukan perjalanan dengan pendamping yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19 serta menerapkan protokol secara ketat.

Di sisi lain, penyesuaian terkait Pelaku Perjalanan Luar Negeri yang tertuang dalam SE No.22/2022 antara lain pengaturan kewajiban booster sebagai syarat PPLN masuk ke Indonesia, juga penyesuaian perbedaan syarat antar-PPLN berdasarkan status vaksinasi. “Kebijakan ini berlaku per 17 Juli dan dievaluasi setelah berjalan,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19,” Wiku Adisasmito.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II telah mendirikan sejumlah sentra vaksinasi booster yang tersebar di beberapa titik yang ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Sentra vaksinasi booster tersebut sudah dibuka sejak Kamis (7/7) kemarin. Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, M. Holik Muardi, mengatakan, sentra vaksinasi booster terbuka tidak hanya untuk di Bandara Soekarno-Hatta.