Pemprov Sulbar dan Sriwijaya Air Deal, Buka Rute Jakarta-Mamuju-Balikpapan

JAKARTA – Rencana Provinsi Sulawesi Barat untuk membuka Jakarta menuju Mamuju maupun sebaliknya tampaknya akan segera terealisasi. Pasalnya, pemerintah setempat sudah mencapai kata kesepakatan dengan untuk mengoperasikan dari Jakarta menuju Tampa Padang, Mamuju dan Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan.

Akmal Malik, Gubernur Sulawesi Barat - www.tvonenews.com

Akmal Malik, Gubernur Sulawesi Barat – www.tvonenews.com

“Kesepakatan pembukaan rute penerbangan itu dicapai dalam pertemuan antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dan Sriwijaya Air pada tanggal 6 Juni 2022 kemarin,” terang Pejabat Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik, dilansir dari Antara. “Melalui kerja sama antara BUMD Provinsi Sulawesi Barat dan Sriwijaya Air, akan dibuka jalur penerbangan Jakarta-Mamuju-Balikpapan.”

Dalam pertemuan tersebut, pemilik Sriwijaya Air, Hendry Lie, dan Direktur Komersial Sriwijaya Air, Henoch Rudi Iwanuddin, menyambut baik upaya Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menata rute penerbangan Jakarta-Mamuju-Balikpapan. Melalui kesepakatan tersebut, Akmal mengatakan bahwa Sulawesi Barat menegaskan posisinya dalam mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

“Penerbangan Jakarta-Mamuju sebenarnya dimungkinkan, tetapi terkendala kondisi Bandara Tampa Padang, yakni melalui skema subsidi atau menciptakan berbagai kegiatan yang membuat masyarakat ingin datang dan berkunjung ke Mamuju,” sambung Akmal. “Kami mendorong beberapa event skala lokal dan nasional untuk diadakan. Event-event yang diadakan harus menarik atau memberikan daya tarik bagi masyarakat untuk datang berkunjung ke Sulawesi Barat.”

Ia melanjutkan, jika nantinya okupansi penumpang banyak, maka penerbangan tersebut tidak perlu subsidi. Diharapkan dari pembukaan rute penerbangan tersebut, laju pertumbuhan ekonomi Sulawesi Barat juga akan lebih cepat karena telah didukung transportasi yang baik. “Ada banyak tempat wisata, seperti tempat menyelam yang bisa dijual untuk pariwisata,” tambah Akmal.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat telah meminta rute penerbangan langsung dari Bandara Tampa Padang, Kabupaten Mamuju ke Jakarta dibuka. Akmal mengatakan, pihaknya bahkan sudah berkirim surat ke Menteri Perhubungan dan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi untuk keperluan tersebut. “Ini surat pertama yang saya tanda tangan, mohon doanya, ya,” ujar Akmal beberapa waktu yang lalu.