Angkasa Pura II Gencar Pulihkan Bisnis Lewat 3 Program Business Recovery

Jakarta II (Persero) saat ini tengah berusaha mengembalikan kondisi kebandarudaraan di tengah pandemi (Covid-19) lewat 3 program pemulihan (Business Recovery) pada tahun 2021.

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) - solo.tribunnews.com

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) – solo.tribunnews.com

Menurut Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin, ketiga program itu digagas untuk mendorong geliat sektor nasional dengan memberikan pengalaman yang jauh lebih baik untuk pelanggan atau . “Tiga program tersebut adalah Leapfrogging The Corporation, Lean Operation, dan Leading Digital,” tutur Awaluddin, Rabu (13/1), seperti dilansir Tempo.

“Melalui Leapfrogging The Corporation, Angkasa Pura II akan menciptakan bisnis baru dan membangun ekosistem yang lebih besar. Contohnya, dibukanya hotel bintang 4 di Terminal 3 baik di area dan . Peluang menciptakan sebagai pusat MICE juga dapat diwujudkan dengan adanya hotel ini. Perseroan juga tetap konsisten dengan program cost leadership dan upaya-upaya menyiapkan model bisnis yang berbasis ekosistem kebandarudaraan (airport ecosystem-based business model),” terang Awaluddin.

Sedangkan melalui program Lean Operation akan dilakukan optimalisasi sumber daya di bandara untuk meningkatkan kualitas layanan dengan tetap mengutamakan safety, security, service through compliance, dan environment sustainability.

“Implementasi Airport Collaborative Decision Making (ACDM) akan membuat seluruh stakeholder dapat secara optimal memanfaatkan seluruh sumber daya di bandara melalui pendekatan pemanfaatan infrastruktur bersama, kolaborasi sumber daya dan penggunaan platform operasi bandara secara bersama,” sambung Awaluddin.

Tahun ini AP II pun akan mempercepat proses digitalisasi sistem kebandarudaraan lewat program Leading Digital. “Perseroan pada tahun ini harus mampu memanfaatkan teknologi yang terintegrasi untuk memberikan digital experience bagi seluruh stakeholder. Pada tahun ini kami akan memperkenalkan konsep Airport ID bagi stakeholder bandara dengan berbasis implementasi Know Your Customer (KYC),” bebernya.

Dalam mencapai target Business Recovery ini, AP II akan memaksimalkan sinergi dengan anak usaha, antara lain PT Angkasa Pura Propertindo, PT Angkasa Pura Kargo, PT Angkasa Pura Aviasi, PT Gapura Angkasa, serta PT Angkasa Pura Solusi bersama dengan anak usaha PT Angkasa Pura Solusi Integra dan PT Angkasa Pura Sarana Digital.