Penghargaan Skytrax, Layanan Staf Bandara Soekarno-Hatta Naik Satu Peringkat

JAKARTA – Kualitas Internasional Soekarno-Hatta semakin diakui dunia. Baru-baru ini, perusahaan konsultan asal Inggris, , merilis daftar peringkat World Airport Awards 2022 untuk lebih dari 550 bandara di seluruh dunia. Hasilnya, Bandara Soekarno-Hatta  menempati peringkat ke-9 dalam kategori World’s Best Airport Staff in Asia 2022 atau naik satu peringkat.

Seorang staf melayani di Bandara Internasional Soekarno-Hatta – rm.id

World’s Best Airport Staff atau bandara dengan staf terbaik sendiri merupakan kategori yang menyoroti dari staf bandara. Melalui kategori ini, staf Bandara Soekarno-Hatta mendapat penilaian baik dalam keramahan dan efisiensi . Pelabuhan udara tersebut berada di daftar sepuluh besar bersama nama-nama top seperti Bandara Internasional Changi (peringkat satu), Bandara Internasional Incheon (peringkat dua), dan Bandara Haneda (peringkat ketiga).

“Daftar Best Airport Staff yang dirilis Skytrax menggambarkan kualitas staf di suatu bandara dinilai sangat baik dari sikap melayani, keramahan melayani, dan efisien dalam melayani,” papar Direktur Utama , Muhammad Awaluddin. “Kami sangat bersyukur di tengah tantangan hebat pandemi Covid-19 pada 2021, seluruh staf di Bandara Soekarno-Hatta dapat tetap memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang .”

Awaluddin melanjutkan, penghargaan Best Airport Staff in Asia ini menilai kualitas dari seluruh staf frontliner di bandara, yaitu staf customer service atau info counters, staf imigrasi, staf keamanan atau aviation security, staf tenant komersial, dan staf lainnya yang langsung melayani pelanggan. Pihaknya tidak lupa berterima kasih kepada seluruh stakeholder Bandara Soekarno-Hatta karena juga telah memberikan terbaik kepada pelanggan.

Staf operasional dan pelayanan PT Angkasa Pura II di Bandara Soekarno-Hatta terdiri dari staf passenger service, terminal inspection service, land transportation assistance, digital service, facility care, airport helper, golf car assistance , dan aviation security. Terdapat juga staf dari maskapai yang bertugas di check in counter, boarding lounge, arrival gate/hall, lalu juga staf imigrasi, Bea dan Cukai, karantina, personel TNI/Polri, dan stakeholder lainnya.

Sayangnya, untuk bandara terbaik, Bandara Soekarno-Hatta hanya menempati peringkat ke-51. Posisi ini turun dari tahun sebelumnya yang menempatkan Bandara Soekarno-Hatta di peringkat ke-34. Bandara Internasional Hamad di Qatar dinobatkan sebagai bandara terbaik, diikuti Bandara Internasional Haneda, Bandara Internasional Changi, Bandara Internasional Narita, dan Bandara Internasional Incheon.