Rencana Pengadaan Kereta Api di Bandara Seluruh Indonesia 2015-2019

Pada kurun waktu sejak tahun ini hingga tahun mendatang, ditargetkan ada sekitar 13 di seluruh Indonesia yang akan terhubung dengan akses . Meski begitu, hanya 11 yang baru dipublikasikan. Dua sisanya masih menjadi misteri. Beberapa yang sudah siap infrastrukturnya adalah Kulon Progo di Jogjakarta dan di . KA Bandara Kualanamu

Bandara lain yang akan segera menyusul adalah,

  1. Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng
  2. Bandara Halim Perdana kusuma di
  3. Bandara Kertajati di Majalengka
  4. Bandara Djuanda di Surabaya
  5. Bandara Internasional Minangkabau di Padang
  6. Bandara di Batam
  7. Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di
  8. Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar
  9. Bandara Syamsudin Noor di Banjarmasin

Fasilitas perkereta apian yang telah ada di Bandara Kualamu Medan pun direncanakan akan direnovasi terkait dengan upaya peningkatan kapasitas.

Terkait dengan fasilitas Kereta api di Bandara Soekarno-Hatta, rencanannya akan dikoneksikan dengan 4 stasiun, yakni St.Manggarai, St.Sudirman Baru, St.Duri, dan St.Batuceper, hingga kembali ke Stasiun Bandara Soekarno Hatta melewati rel sepanjang 36,3 Kilometer. Waktu tempuh jalur ini diperkirakan maksimal mencapai waktu 1 jam untuk sekali jalan dengan total frekuensi perjalanan Kereta Api Bandara mencapai 124 kali per hari. Proyek KA Bandara Soetta ini rencananya akan rampung pada bulan Desember 2015 mendatang.

Pembangunan Infrastruktur KA Bandara Soekarno Hatta ini juga melibatkan pengadaan Integrated Building Tahap 2. Fasilitas ini memungkinkan penumpang yang naik dan turun dari KA untuk dapat langsung menuju ke Terminal 1 atau Terminal 2. Di area Integrated Building ini juga nantinya kaan dibangun Hotel, Jalan penghubung (connecting Bridge) ke terminal 1 dan 2, Restoran, Garden Roof, beserta dengan area parkir berkapasitas besar nan luas.
Stasiun kereta api Bandara Soekarno Hatta didesain berkapasitas peron 2.000 pax dan memiliki kapasitas bangunan 1.500 pax. Stasiun KA Bandara ini juga akan dilengkapi berbagai fasilitas lengkap dan modern seperti ticketing counter, toilet, musholla, waiting lounge, commercial area, public hall, tapping gate in, station headroom, serta konektivitas langsung ke integrated building, APMS station, dan akses fasilitas lainnya.