Meski Mudik Dilarang, Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Naik 50%

Jakarta – Walaupun telah resmi melarang aktivitas 2021, manajemen tetap mempersiapkan diri apabila terjadi lonjakan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Bahkan PT Angkasa Pura (AP) II selaku pihak pengelola Bandara Soetta memperkirakan adanya peningkatan hingga 50%.

Agus Haryadi, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta - jakarta.tribunnews.com

Agus Haryadi, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta – jakarta.tribunnews.com

“Sebenarnya, bila mudik tidak dilarang justru kita harus di posisi siap siaga. Tapi ini tidak diizinkan, kami pun tidak boleh lengah, tetap harus bersiap,” kata EGM Bandara Internasional Soekarno Hatta, Agus Haryadi, seperti dilansir Liputan6.

Pasalnya, jika belajar dari pengalaman tahun lalu ternyata sempat terjadi lonjakan penumpang pada beberapa hari menjelang Idul Fitri. Oleh sebab itu, tahun ini kejadian semacam itu diharapkan dapat terkendali. AP II pun memperkirakan tetap ada kenaikan trafik penumpang pada Lebaran tahun ini.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, apabila selama masa pandemi virus corona (Covid-19) trafik penumpang atau pesawat hanya 25% dari angka normal per hari, maka menjelang Lebaran kemungkinan akan ada kenaikan hingga 50% dari angka normal sebelum pandemi. “Kalau kemarin (sebelum pelarangan mudik Lebaran 2021), diprediksi kenaikan trafik bisa sampai 70 persen dari normal. Tapi sekarang, setelah adanya tidak diizinkan naik, estimasi kami meningkat hanya 50 persen saja dari angka normal,” beber Agus.

Walaupun ada larangan mudik, Angkasa Pura II tetap akan melakukan pengetatan izin terbang dan penerapan protokol kesehatan yang ketat selama masa angkutan Lebaran 2021 ini. “Kami akan ikuti dan patuhi surat keputusan ataupun surat edaran dari regulator. Bagaimanapun, kita juga harus ikut membantu menekan penyebaran Covid-19. Belajar dari pengalaman larangan mudik tahun lalu, peningkatan penumpang masih terjadi meski sudah sangat diketatkan. Kita enggak boleh lengah, dan harus tetap siaga,” tandas Agus.