PLN Bangun SPKLU Baru di Aeropolis Dekat Bandara Soekarno-Hatta

Jakarta – PT PLN (Persero) UID Banten meresmikan 1 unit Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk wilayah Provinsi Banten pada Rabu (25/5) lalu. Unit SPKLU terbaru ini dibangun di Aeropolis Tangerang, dekat di Tangerang, Provinsi Banten.

Sandika Aflianto, General Manager PLN UID Banten - www.newsmedia.co.id

Sandika Aflianto, General Manager PLN UID Banten – www.newsmedia.co.id

Menurut General Manager PLN UID Banten Sandika Aflianto, pengembangan kendaraan listrik ini merupakan komitmen PLN terhadap Peraturan Presiden terkait Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) serta sebagai upaya untuk dapat berkontribusi pencapaian Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

“Kami yakin kendaraan berbasis listrik adalah kendaraan masa depan yang akan semakin bertambah penggunanya, sehingga kami berkomitmen untuk menyiapkan infrastrukturnya,” ujar Sandika, seperti dilansir dari Suara.

Dengan adanya SPKLU tersebut diharapkan dapat memudahkan pengguna kendaraan listrik dalam melakukan charging daya. Selain itu, masyarakat juga diharap tidak ragu lagi untuk menggunakan kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan.

Lebih lanjut Sandika mengungkapkan, di Provinsi Banten setidaknya ada beberapa SPKLU yang berlokasi di AEON Mall Tangerang Selatan, Supermall Karawaci Tangerang, Mall Tangerang City, Kantor PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten, dan yang terbaru di Aeropolis Tangerang.

“Kami menggandeng berbagai pihak untuk terwujudnya ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Indonesia, guna menciptakan Indonesia yang tidak hanya bebas dari polusi, juga dalam jangka panjang mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil yang tidak dapat diperbarui,” jelas Sandika.

Nah, untuk mengisi daya listrik di SPKLU, pengguna kendaraan harus menginstall aplikasi Charge.IN. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengawasi dan mengendalikan pengisian daya di SPKLU. Cara penggunaannya juga mudah. Pertama, cari SPKLU terdekat. Lalu, scan pada QR Code yang ada di SPKLU dan langsung terkoneksi dengan server PLN untuk mengendalikan pengisian daya.

Pengguna bisa memilih akan menggunakan daya yang mana dalam melakukan charging lewat aplikasi Charge.IN. “Di aplikasi PLN Mobile dan Charge.IN sudah tercantum di sana lokasi terdekat SPKLU. Jadi tidak repot orang mencari-cari. Pembayaran harus menggunakan Charge.IN ini,” tutur Sandika.

Pengisian saldo Charge.IN bisa dilakukan melalui LinkAja. “Aplikasi tersebut pun sangat efektif. Jadi misalkan biaya listrik yang harus dibayar Rp1.000 ya sudah yang terpotong hanya Rp1.000 itu. Jadi orang bayar sesuai dengan pemakaiannya, tidak terkena biaya tambahan,” tandasnya.