Layanan Bus di Bandara Soetta Makin Canggih Berkat Platform Bus Management System

Jakarta – Bandara Soekarno-Hatta memperkuat digitalisasi pada lewat platform Management System. PT Angkasa Pura Sarana Digital (APSD), bagian dari Angkasa Pura II Group awal bulan ini merilis platform itu dalam rangka soft launching untuk digunakan seluruh operator di Bandara Soetta. Platform tersebut bertujuan mewujudkan pengelolaan dan layanan yang lebih modern dan profesional.

Bus Management System di Bandara Soetta (Sumber : sindonews.com)

Di Bandara Soekarno-Hatta kini tersedia berbagai bus dari dan ke Jabodetabek maupun wilayah lain yang dilayani 11 operator bus (PO) dan shuttle, antara lain Damri, Primajasa, HIBA Utama, Sinar Jaya, Big Bird, PPD, AGRA Mas, Lorena, Jackal Holidays, Lintas Shuttle, dan Cititrans. Tiap harinya, jumlah bus dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta sekitar 4.000 per hari.

President Director Muhammad Awaluddin mengungkapkan, pengembangan yang dilakukan di bandara AP II mengedepankan penggunaan dan kolaborasi di antara stakeholder untuk memberi journey experience terbaik bagi penumpang pesawat.

“Pemanfaatan teknologi di bandara AP II mencakup seluruh lini dan . Di Bandara Soekarno-Hatta telah dilakukan soft launching platform Bus Management System untuk pengelolaan layanan transportasi darat khususnya bus yang lebih modern dan profesional, sehingga memberikan kenyamanan dan journey experience terbaik bagi penumpang pesawat pada periode post-journey atau saat mendarat di Bandara Soekarno-Hatta untuk kemudian menggunakan bus menuju tujuan akhir,” jelas Awaluddin, seperti dilansir dari Liputan6.

“Transportasi darat di bandara adalah layanan yang sangat penting bagi traveler. AP II selaku operator bandara berkewajiban memastikan tersedianya layanan transportasi darat untuk akses dari dan ke bandara. Tidak hanya itu, AP II secara berkelanjutan selalu meningkatkan layanan transportasi darat seperti saat ini kami memperkenalkan platform Bus Management System untuk layanan yang lebih baik,” imbuhnya.

Lebih lanjut Awaluddin mengatakan, Angkasa Pura II berusaha mewujudkan Bandara Soekarno-Hatta sebagai pusat perekonomian yang dilengkapi berbagai dan teknologi modern untuk memudahkan aktivitas masyarakat.

“Kami berharap pengelolaan transportasi darat khususnya bus yang dilakukan secara modern dan profesional di Bandara Soekarno-Hatta melalui platform Bus Management System ini dapat menjadi contoh pengelolaan transportasi darat bagi bandara AP II lainnya, dan juga bagi fasilitas pubik lainnya,” beber AWaluddin.