Aturan Terbaru, Penumpang KA Bandara Soetta Sudah Harus Vaksin

JAKARTA – PT Railink kembali memperbarui persyaratan bagi masyarakat yang hendak menggunakan KA Bandara Internasional dan KA Bandara Internasional Medan. Berlaku mulai tanggal 14 September 2021, kedua bandara tersebut wajib sudah melaksanakan vaksinasi Covid-19, minimal dosis pertama.

Penumpang KA Bandara Soekarno-Hatta – www.cnbcindonesia.com

Seperti dilansir dari akun Instagram resminya, ketentuan tersebut mengacu pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan No. 69 tahun 2021. Penumpang dapat melakukan scan QR-Code melalui aplikasi PeduliLindungi saat memasuki atau menunjukkan kartu vaksin cetak apabila scan QR-Code tidak memungkinkan.

“Bagi penumpang yang belum divaksin karena kondisi kesehatan khusus dan penyintas Covid-19, dapat menunjukkan surat keterangan resmi dari dokter puskesmas maupun rumah sakit,” tambah PT Railink. “Anak- anak di bawah umur 12 tahun, untuk sementara waktu tidak diperkenankan melakukan perjalanan dengan KAI Bandara.”

KA Bandara Soekarno-Hatta dan KA Bandara Kualanamu sendiri kembali beroperasi pada tanggal 1 September 2021 kemarin setelah sempat berhenti beroperasi selama lebih dari dua bulan. Pada hari pertama beroperasi, tercatat ada 650 penumpang yang menggunakan layanan tersebut. “Data penumpang pada 1 September 2021 terdiri dari 400 penumpang di Jakarta dan 250 penumpang di Medan,” kata Humas PT Railink, Diah Suryandari, dilansir dari Bisnis.

Diah melanjutkan, kapasitas normal KA Bandara Soekarno-Hatta adalah 3.808 penumpang dengan rincian 272 tempat duduk x 20 perjalanan x 70 persen batas maksimum penumpang. Sementaraitu, untuk KA Bandara Kualanamu, kapasitasnya adalah 2.408 penumpang, dengan rincian 173 tempat duduk x 20 perjalanan x 70 batas maksimum penumpang.

Untuk menandai beroperasinya kembali KA Bandara Soekarno-Hatta dan KA Bandara Kualanamu, PT Railink menebar dengan perjalanan hingga 76 persen, yang berlaku selama September sampai Oktober 2021. tiket tersebut berlaku di seluruh kanal pembelian KAI Bandara, tanpa terkecuali. Namun, tiket yang sudah dibeli penumpang tidak dapat di-refund.