Penumpang Internasional di Bandara Soekarno-Hatta Naik 60% pada Awal April

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) melaporkan adanya tren peningkatan rute penerbangan di Soekarno-Hatta hingga 60 persen pada minggu pertama bulan April 2022. Pergerakan penerbangan di pun meningkat sebesar 8 persen atau dari 598 menjadi 648 penerbangan.

Penumpang internasional di Bandara Soekarno-Hatta meningkat hingga 60 persen di awal April – kompas.com

“Pada periode 1 – 6 April 2022, jumlah pergerakan penumpang mencapai 83.284 penumpang atau meningkat hampir 60 persen dibandingkan dengan 1 – 6 Maret 2022 sebanyak 52.400 penumpang,” kata Presiden Director Muhammad Awaluddin, Sabtu (9/4), seperti dilansir dari Tempo.

Kemudian, jumlah pergerakan penumpang khusus penerbangan umrah di Bandara Soekarno-Hatta selama periode 1-6 April 2022 mencapai 26.106 penumpang. “Bandara Soekarno-Hatta pada 1-6 April ini setiap hari rata-rata melayani 108 penerbangan internasional dengan 13.880 penumpang internasional,” beber Awaluddin.

Untuk memastikan kelancaran operasional penerbangan internasional, Angkasa Pura II bersama stakeholder terus melakukan koordinasi. “Koordinasi dilakukan erat dengan seluruh stakeholder. Airport Operation Control Center (AOCC) dan Airport Infrastructure Control Center (AICC) di Bandara Soekarno-Hatta akan memastikan kesiapan operasional dan fasilitas dalam guna kelancaran setiap penerbangan termasuk penerbangan internasional,” imbuh Awaluddin.

Sejak 6 April 2022 lalu, Bandara Soekarno-Hatta juga sudah menerapkan pemberian Bebas Kunjungan Khusus dan Visa Kunjungan Saat Kedatangan Khusus . Hal tersebut sesuai dengan berlakunya Surat Edaran Nomor IMI-0549.GR.01.01 Tahun 2022 tentang Kemudahan Keimigrasian Dalam Rangka Mendukung Berkelanjutan Pada Masa Pandemi Disease 2019 yang diterbitkan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Bebas Visa Kunjungan Khusus Wisata diberikan untuk pemegang paspor dari 9 negara di ASEAN. Sedangkan, Visa Kunjungan Saat Kedatangan Khusus Wisata diberikan pada pemegang paspor dari 43 negara.

Bandara Soekarno-Hatta sebagai pintu masuk utama Indonesia juga sudah menerapkan berbagai strategi operasi, salah satunya lewat penyeimbangan (rebalancing) lalu lintas penerbangan di 3 terminal penumpang pesawat. Adapun Terminal 1 sudah diaktifkan sejak 1 April 2022 untuk penerbangan domestik guna mendukung Terminal 2 yang melayani penerbangan domestik dan internasional, khususnya umrah. Sedangkan Terminal 3 untuk penerbangan domestik dan internasional termasuk maskapai .