Penumpang Bandara Soetta Meningkat Setiap Akhir Pekan di Bulan Oktober 2021

Jakarta – Selama bulan Oktober 2021, PT Angkasa Pura (AP) II mencatat bahwa pesawat di , Tangerang, Banten mengalami peningkatan hingga mencapai 60.000 orang setiap akhir pekan. AP II menyampaikan bahwa peningkatan tersebut sudah terjadi sejak masa PPKM Darurat dilonggarkan.

Penumpang Bandara Internasional Soekarno-Hatta - www.minews.id

Penumpang Bandara Internasional Soekarno-Hatta – www.minews.id

Menurut Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Internasional Soekarno-Hatta, M. Holik Muwardi, arus pergerakan penumpang dan pesawat di Bandara Soetta masih mengalami fluktuasi. Walau demikian, peningkatan jumlah penumpang sangat terlihat selama akhir pekan.

“Saat ini kalau kita lihat, tidak lagi ada PPKM darurat. Dan sudah sedikit ada peningkatan mau pun penumpang. Walaupun fluktuatif, ada sedikit kenaikan. Bulan Oktober ini kalau kita mengamati untuk penumpang saat ini di weekdays umumnya ada di sekitar 40-50 ribu penumpang, per harinya. Weekend kalau kita amati itu sekitar 50-60 ribu penumpang per harinya,” terang Holik, Rabu (13/10), seperti dilansir Merdeka.

Peningkatan pergerakan penumpang ini juga diikuti dengan peningkatan pergerakan pesawat, dengan rata-rata pergerakan pada akhir pekan mencapai 400-550 penerbangan. Sedangkan di masa PPKM Darurat ditetapkan, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta hanya sekitar 11.000-12.000 penumpang per hari.

Walau begitu, Holik mengungkapkan bahwa jumlah pergerakan penumpang selama bulan Oktober 2021 itu masih cukup jauh dibanding jumlah pergerakan penumpang sebelum adanya PPKM Darurat. Adapun jumlah pergerakan penumpang di masa pandemi Covid-19 sebelum PPKM Darurat diterapkan biasanya mencapai 70.000 orang per hari. “Kita ketahui di masa pandemi Covid-19, umumnya, sekitar 70.000 penumpang per harinya,” tutur Holik.

Dengan kondisi semacam ini, pihak manajemen Bandara Soekarno-Hatta mengaku terus melakukan pengetatan penerapan protokol kesehatan di bandar udara dan terminal-terminal yang melayani penerbangan, termasuk menyiapkan syarat dokumen penerbangan sebelum penumpang masuk pesawat.