Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta: Urus Kitas & Visa Kunjungan Cuma Butuh 2 Hari!

Jakarta – Kantor Soekarno Hatta memastikan bahwa mengurus Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) dan visa kunjungan saat kedatangan (Visa on Arrival/VoA) kini bisa lebih cepat, hanya butuh waktu 2 hari.

Layanan Petugas Imigrasi di Kantor Imigrasi Kelas I - (sumber: megapolitan.kompas.com)

Layanan Petugas Imigrasi di Kantor Imigrasi Kelas I – (sumber: megapolitan.kompas.com)

“Untuk pelaksanaan di kantor Imigrasi, sangat memangkas waktu dan lebih cepat. Batas toleransinya sekitar dua hari,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara , Muhammad Tito Andrianto, Kamis (22/9), seperti dilansir dari Liputan6.

Upaya tersebut dilakukan dalam rangka mengikuti arahan Presiden Joko Widodo, sehingga ada penyederhanaan yang dilakukan oleh pihak Imigrasi. Selain itu, hal ini sesuai dengan Surat Edaran Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Nomor IMI-0702.GR.01.01 tahun 2022 yang bertujuan mendukung peningkatan investasi asing di dalam negeri. “Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta menyatakan kesiapan dan komitmen untuk mengimplementasikan surat edaran tersebut,” imbuhnya.

Salah satu langkah pemangkasan birokrasi untuk WNA yang akan mengurus Kitas adalah dalam verifikasi identitas menggunakan biometrik. menjalani alur biometrik berlangsung dalam waktu singkat, yaitu selama 3 menit untuk setiap WNA.

Apabila ingin mengurus Kitas, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mendaftar diri secara online. Kemudian, ketika sampai di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, WNA harus langsung menjalani proses pengambilan biometrik. “Untuk proses di tempat pemeriksaan imigrasi itu waktunya singkat, cuma sekitar tiga menit saja waktu pengambilan biometriknya,” beber Tito.

Tak hanya mengenai proses pemeriksaan imigrasi dan pengambilan biometrik saja yang dipersingkat. Pemangkasan durasi penerbitan perpanjangan Kitas yang tadinya berlangsung antara 5 hari sampai 1 minggu, kini dipercepat menjadi 2 hari. “Ketika permohonan berkas untuk perpanjangan Kitas sudah komplet dari instansi terkait, kami langsung memproses perpanjangan Kitas itu, supaya jadi lebih cepat,” ungkap Tito.

Lebih lanjut Tito menambahkan, perubahan pola pikir para pegawai adalah salah satu hal yang mendasar dalam melakukan reformasi birokrasi dalam Imigrasi. Pasalnya, dengan menanamkan nilai dasar institusi pada diri saat melakukan pekerjaan, maka output yang dihasilkan pun akan bernilai positif.

“Saya rasa salah satu hal mendasar dari reformasi birokrasi adalah dengan melakukan perubahan mindset pada pegawai, jadi output yang dihasilkan tentu akan bernilai positif, termasuk dalam implementasi SE terbaru ini,” tutup Tito.