Gara-gara Banjir, Penerbangan Jakarta-Semarang Dialihkan ke Bandara Juanda

-Semarang dari terpaksa ke Bandara Juanda di Surabaya. Penerbangan yang dilayani oleh maskapai GA 232 lantaran landasan pacu () Bandara Ahmad Yani tergenang banjir. Selain itu, 7 penerbangan lain juga mengalami atau keterlambatan dari semestinya.

Suasana di Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang yang ditutup sementara karena banjir – www.antaranews.com

“Ada genangan air di sekitar runway. Sementara saat ini Bandara Ahmad Yani belum beroperasi sambil menunggu pembersihan genangan air di area runway,” ujar Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I Semarang Heri Trisno Wibowo, Sabtu (6/2), seperti dilansir Merdeka.

Lebih lanjut Heri menyampaikan bahwa Kota Semarang dan sekitarnya dilanda hujan deras sejak kemarin malam, sehingga mengakibatkan adanya genangan air di sejumlah area Bandara Ahmad Yani. Selain pengalihan rute penerbangan, ada juga 7 penerbangan lain yang mengalami delay.

Beberapa di antara penerbangan yang terlambat adalah pesawat Batik Air ID 6362 tujuan Jakarta-Semarang, Batik Air ID 6350 tujuan Jakarta-Semarang, NAM Air IN 195 tujuan Pangkalan Bun-Semarang, Wings Air IW 1806 tujuan Semarang-Pangkalan Bun, Garuda Indonesia GA 235 tujuan Semarang-Jakarta, Batik Air ID 7369 tujuan Semarang-Jakarta, Nam Air IN 196 destinasi Semarang-Pangkalan Bun.

Para petugas Bandara Ahmad Yani Semarang kabarnya tengah bekerja untuk mengatasi masalah banjir tersebut. “Saat ini sedang dilakukan langkah-langkah antisipasi dengan cara pengaktifan 54 unit pompa untuk menghindari terjadinya banjir di area bandara. Koordinasi ketat juga dilakukan oleh unit terkait. Hal ini terjadi dikarenakan cuaca buruk dan hujan deras yang tak kunjung berhenti sejak tadi malam. Kami akan menunggu kondisi cuaca baik sampai jam 11.00 WIB dan hujan berhenti,” imbuh Hari.

Menurut NOTAM Nomor: B0177/21 NOTAMN perihal RWY 13/31 tutup, Bandara Jenderal Ahmad Yani tidak beroperasi sementara hingga pukul 09.00 WIB untuk sementara dilakukan pembersihan genangan air di area runway. “Sampai dengan saat ini terdapat satu penerbangan terdampak, yaitu Garuda Indonesia GA 232 tujuan Jakarta – Semarang dengan status dialihkan ke Bandara Juanda, Surabaya,” tutup Hari.