Jelang MotoGP 2022, Penerbangan dari Jakarta ke Lombok Bakal Ditambah

Jakarta – Dalam rangka mendukung mobilitas penonton ajang MotoGP, frekuensi dari sejumlah kota ke Lombok, NTB akan ditambah. Adapun frekuensi yang akan ditambah adalah dari beberapa kota, seperti Jakarta, Surabaya, Bali, dan juga Makassar.

Persiapan Naik Pesawat - economictimes.indiatimes.com

Persiapan Naik – economictimes.indiatimes.com

“Untuk masuk sendiri dari luar akan ditambah frekuensi penerbangan, baik dari Jakarta, Surabaya, Bali, maupun Makassar. Jadi mudah-mudahan penontonnya nanti diberikan kemudahan menuju ke Sirkuit Mandalika untuk bisa menonton MotoGP 2022,” kata Komandan Lapangan MotoGP Mandalika yang juga mantan Panglima TNI, Hadi Tjahjanto, Kamis (13/1), seperti dilansir Beritabali.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan bahwa pihak penerbangan akan menyiapkan pesawat berbadan lebar (wide body) untuk melakukan perjalanan komuter dari jam 5 pagi sampai pukul 9 pagi dari Bali ke Lombok. Jadwal penerbangan itu diperkirakan dapat melayani sekitar 4.000 orang. “Lewat sejumlah antisipasi tersebut, kami mengharapkan pergerakan peserta, official, penonton, dan penanganan kargo bisa ditampung dengan baik di [Lombok] ini,” terangnya.

Ketika dikonfirmasi secara terpisah, Humas PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, Arif Haryanto menuturkan jika Bandara Lombok sangat siap menampung penambahan penerbangan. Pasalnya, saat ini kondisi pergerakan penumpang dan pergerakan pesawat baru setengah dari kondisi normal sebelum pandemi. Terlebih karena kapasitas terminal Bandara Lombok pun sudah ditingkatkan jadi 2 kali lipat dari sebelumnya, sehingga dapat melayani 7 juta penumpang per tahun.

“Apron Bandara Lombok juga telah diperluas, dimana saat ini bisa menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 6 pesawat wide body,” beber Arif. Ia menambahkan, runway Bandara Lombok juga sudah diperpanjang dari 2.750 meter menjadi 3.300 meter. “Daya dukung runway saat ini juga telah bisa melayani pendaratan pesawat berbadan besar sekelas Boeing 777,” ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meninjau langsung berbagai untuk MotoGP 2022 sampai kawasan UMKM. Beberapa di antaranya adalah pos pemeriksaan suhu dan kartu kewaspadaan kesehatan elektronik atau e-HAC, pos pemeriksaan dokumen imigrasi, pengambilan bagasi, dan pos pemeriksaan bea cukai.