Penerbangan Jakarta-Dili Kembali Dibuka, Segini Harga Tiketnya

JAKARTA/DILI – Setelah sebelumnya ditutup selama kurang lebih dua tahun karena pandemi Covid-19, relasi Jakarta-Dili di Timor Leste pergi pulang (PP) ternyata sudah kembali dibuka. Hal itu dikatakan Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste, Okto Dorinus Manik. tersebut masih berkaitan dengan penerapan visa on arrival (VOA) yang diberlakukan beberapa waktu yang lalu.

Bandara Soekarno-Hatta

– www.sinarharapan.co

“Jadi, sebenarnya sudah masuk penerbangan Citilink ke Dili, Timor Leste, masih berkaitan dengan penerapan visa on arrival (VOA) yang diberlakukan beberapa waktu yang lalu,” terang Okto, seperti dikutip dari Antara. “Setelah penerapan VOA, saya mengajak beberapa di Jakarta untuk membuka kembali penerbangan dari Indonesia ke Dili.”

Ia melanjutkan, adanya VOA memberikan peluang kepada maskapai penerbangan untuk bisa membuka kembali rute tersebut karena banyak pihak yang berharap. Citilink sendiri langsung membuka kembali penerbangan ke Dili pada tanggal 13 Juni 2022 lalu dengan penerbangan reguler dua kali sepekan. Dikabarkan, pada bulan depan, akan ada satu maskapai lagi yang akan membuka rute penerbangan ke negara tersebut. “Saat ini, banyak pesawat charter yang disewa warga di Timor Leste untuk terbang ke Indonesia,” tambah Okto.

Sementara itu, Komisaris urusan ketenagakerjaan anatl,ep..aeropprto navegasaun oaereo Timor Leste enspresa publik atau Otoritas Bandara Timor Leste, Jose de Oliveira Leong, mengaku mengapresiasi hal tersebut. Pihaknya menyambut baik karena dengan pembukaan kembali jalur penerbangan ini, perekonomian di Dili bisa dikatakan akan bangkit kembali. “Selain Citilink, maskapai AirAsia juga sudah beroperasi di Dili,” katanya.

Dilansir dari situs resmi Citilink Indonesia, penerbangan relasi Jakarta-Dili dilayani melalui Bandara Soekarno-Hatta. pesawat relasi tersebut dipatok mulai Rp4,745 juta hingga Rp5,845 jutaan per seat untuk sekali perjalanan. Sementara itu, tarif rute penerbangan dari Dili menuju Jakarta ditawarkan mulai Rp5,14 jutaan per seat.