Penerbangan Internasional di Terminal 3 Bandara Soetta Resmi Beroperasi

TANGERANG – untuk akhirnya resmi beroperasi pada Senin (1/5) kemarin. Keberangkatan GA824 dari Jakarta menuju Singapura pada pukul 06.10 WIB menandai pengoperasian terminal baru tersebut untuk penerbangan antar-negara.

Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II, Muhammad Awaluddin - subali.org

Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II, Muhammad Awaluddin – subali.org

“Hari ini (kemarin .red) ini kami baru me-launching penerbangan internasional di Terminal 3 dengan penerbangan pertama adalah Garuda Indonesia,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II, Muhammad Awaluddin. “Setelah Garuda Indonesia, akan ada maskapai anggota Sky Team yang akan beroperasi pada bulan Juni mendatang.”

Ditambahkan Awaluddin, dilayaninya penerbangan internasional di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta merupakan hasil dukungan para stakeholder, baik regulator, maskapai, dan lain sebagainya. Awaluddin pun meyakini beroperasinya penerbangan internasional di Terminal 3 dapat menjadikan Bandara Soekarno-Hatta sebagai salah satu penopang pertumbuhan pariwisata, di samping tentunya peningkatan roda perekonomian Indonesia.

“AP II saat ini terus melengkapi fasilitas sarana pendukung di Terminal 3, di antaranya dengan menyediakan gedung parkir berkapasitas 1.200 kendaraan pribadi, dan area parkir inap kendaraan,” sambung Awaluddin. “Selain itu, seluruh tenant, termasuk makanan dan minuman di area Terminal 3 Internasional yang bekerja sama dengan AP II akan diberikan diskon tambahan sebesar 10 persen kepada seluruh penumpang atau pengunjung bandara selama 1-7 Mei 2017.”

Sementara itu, Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk. Pahala N. Mansury di kesempatan yang sama menuturkan bahwa beroperasinya Garuda di Terminal 3 menandai komitmen maskapai dalam meningkatkan kenyamanan penumpang. Dirinya optimistis bahwa keberadaan Terminal 3 tidak hanya menjadi langkah konkret pengembangan infrastruktur dan transportasi, namun juga menjadi pencapaian tersendiri dari aspek pariwisata nasional.

“Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada PT Angkasa Pura II yang berhasil menyediakan layanan bandara bertaraf internasional dengan fasilitas modern,” kata Pahala. “Kami akan mengoperasikan 26 counter check-in, dan kapasitas executive lounge juga meningkat cukup signifikan dengan luas 2.100 meter persegi, terdiri dari 350 seat untuk business class, dan 56 seat untuk first class.”