Meski PSBB, Penerbangan dari Batam ke Jakarta Masih Beroperasi Normal

Provinsi (Pemprov) DKI telah kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar () mulai tanggal 14 September 2020 lalu. Meski demikian, dari Batam menuju Internasional , Tangerang, Banten rupanya masih normal.

Aktivitas di Bandara Hang Nadim Batam – tribunnews.com

Menurut Direktur Bandar Udara dan Telekomunikasi Informasi Komunikasi Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suwarso pada Jumat (25/9), sejak DKI Jakarta memberlakukan PSBB lagi rupanya masih belum ada pengurangan jumlah ke Ibukota.

Sejak Indonesia dilanda pandemi virus corona (Covid-19), penerbangan dari Bandara Hang Nadim Batam ke Jakarta tiap hari rata-rata terdapat 5 penerbangan. Rinciannya terdiri dari maskapai Garuda Indonesia dengan 2 penerbangan, Lion Air Group sebanyak 2 penerbangan, 1 penerbangan Citilink Indonesia, dan Sriwijaya mempunyai 2 penerbangan tiap minggu.

“Belum ada pengurangan jumlah penerbangan dari Batam ke Jakarta semenjak PSBB,” kata Suwarso. Sedangkan untuk aturan khusus memasuki wilayah Jakarta ketika bepergian melalui bandara, ternyata pihaknya masih belum menerima aturan tertentu seperti pada PSBB Jakarta beberapa waktu lalu. “Belum ada pengurangan jumlah penerbangan dari Batam ke Jakarta semenjak PSBB,” jelasnya, seperti dilansir Tribunnews.

Sementara itu, Distrik Manager Lion Air Batam, Zaini Bire mengakui jika kebijakan PSBB yang diambil oleh Pemprov DKI Jakarta ini memang memberi dampak tersendiri untuk sektor penerbangan. “Ada penurunan. Tapi tak terlalu besar, berkisar 20 sampai 30 persen saja,” kata Bire.

Meskipun sedikit berpengaruh terhadap penerbangan Lion Air Group, Bire mengatakan jika PSBB Jakarta belum memberikan dampak yang terlalu besar sampai sekarang ini. Hal tersebut dibuktikan dengan masih dibukanya rute penerbangan dengan pesawat Lion Air Group dari Kota Batam menuju Kota Jakarta.

“Penerbangan masih aman. Tak ada yang cancel,” ucap Bire. Bahkan menurut Bire beberapa hari lalu Lion Air juga masih membawa penumpang ke Kota Jakarta dengan jadwal sekitar 2 sampai 3 kali penerbangan.