Pembuatan Paspor di Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Melonjak 131% Selama Ramadan

Jakarta – Kantor Kelas I Khusus Soekarno-Hatta melaporkan adanya lonjakan pemohon mencapai 131 persen selama bulan Ramadan 2022. Dari tanggal 1-13 April 2022, sudah ada 2.037 yang diterbitkan oleh Imigrasi .

Paspor di Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta – today.line.me

“Masih ada kemungkinan peningkatan di bulan April ini, mengingat masih ada lebih kurang 10 hari kerja aktif sebelum dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 2022,” ujar Kepala Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Muhammad Tito Andrianto, Jumat (15/4), seperti dilansir dari Tempo.

Tito mengungkapkan, peningkatan jumlah penerbitan paspor di Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta telah terjadi dari bulan Maret sampai April 2022. Jumlah paspor yang diterbitkan pada bulan Maret 2022 mencapai 2.796, baik untuk paspor biasa maupun elektronik. Selama dua minggu pertama bulan April 2022, sudah ada 2.037 paspor yang diterbitkan. Jumlah itu naik signifikan dari dua bulan sebelumnya, yakni Februari sebanyak 1.208 paspor dan Januari sebanyak 1.139 paspor.

“Dari jumlah penerbitan paspor, pada bulan Februari 2022 meningkat 6 persen dibanding Januari. Sedangkan pada Maret, meningkat signifikan hingga 131 persen dibanding Februari,” papar Tito. Menurutnya, kenaikan angka permohonan paspor meningkat secara signifikan dalam waktu yang cukup singkat.

Tren lonjakan permohonan dan penerbitan paspor di Imigrasi Bandara mulai terjadi sejak adanya pelonggaran aturan dari , seiring pula dengan terus menurunnya kasus Covid-19 di Indonesia. “Pembatasan kegiatan masyarakat pun sudah semakin longgar tak seketat sebelumnya. Begitu pula dengan protokol bagi pelaku perjalanan yang semakin mudah. Selain itu, juga telah dibuka kembali kuota untuk ibadah umroh dan bagi warga negara Indonesia,” paparnya.

Serentetan kejadian itulah yang mungkin menjadi penyebab utama adanya lonjakan permohonan paspor. Pihak Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta sendiri sudah mempersiapkan sejumlah langkah taktis untuk saat ini dan untuk menghadapi kemungkinan lonjakan pada masa-masa mendatang, seperti melayani pembuatan paspor secara online melalui M Paspor, paspor langsung hingga Easy Paspor.