Imbas Virus Corona, Maskapai Banting Harga Tiket Jakarta-Korea Selatan

Wabah corona yang semakin meluas membuat banyak orang mengurungkan niat untuk bepergian, termasuk ke luar negeri. Ini menjadi penyebab jumlah terbang menurun drastis. Untuk ‘menggoda’ masyarakat, sejumlah maskapai menawarkan murah meriah dari Jakarta menuju beberapa tempat, seperti dan Singapura.

Beberapa maskapai salah satunya AirAsia memberikan tiket murah ke luar neger

Beberapa maskapai salah satunya AirAsia memberikan tiket murah ke luar negeri – dream.co.id

Beberapa waktu lalu, seorang warganet dengan akun @ponakanyaom, mengunggah foto harga tiket pesawat yang dijual maskapai AirAsia. Di situ tertulis bahwa harga tiket penerbangan Jakarta-Incheon tidak lebih dari Rp200 ribu. Sementara, untuk pesawat rute Jakarta-Seoul-Incheon pada tanggal 16 Maret 2020, ditawarkan cuma Rp149.880 per orang.

Ketika dicek di situs resmi AirAsia, beberapa tiket pesawat pada tanggal tertentu memang dilepas dengan harga yang sangat murah, berkisar ratusan ribu rupiah sekali perjalanan. Untuk rute Jakarta-Seoul misalnya, ditawarkan dengan harga cuma Rp181 ribuan pada tanggal 16 Maret 2020. Namun, harga tiketnya kembali normal menjadi Rp2,6 jutaan untuk keberangkatan keesokan harinya.

Tidak hanya maskapai AirAsia yang membanting harga tiket penerbangan mereka. Maskapai Scoot juga melakukan hal serupa untuk menarik minat . Tiket pesawat rute Jakarta-Singapura PP misalnya, dijual dengan harga Rp900 ribuan, dengan harga tiket berangkat cuma Rp285 ribuan dari Internasional Soekarno-Hatta. 

Lalu, apakah penerbangan menuju Negeri Ginseng masih dibuka terkait wabah virus corona? Pada tanggal 7 Maret lalu, PT Angkasa Pura II, seperti dilansir Kompas, menuturkan bahwa penangguhan penerbangan hanya terbatas pada rute dari dan ke . Penangguhan tersebut sudah dilakukan sejak 5 Februari 2020. Sementara, penerbangan dari Jakarta ke Seoul atau sebaliknya masih dioperasikan di Bandara Soekarno-Hatta. 

Untuk saat ini, ada beberapa pembatasan larangan masuk untuk wisatawan dari beberapa negara seperti China, lalu Teheran, Qom, dan Gilan di Iran, Italia bagian utara, serta Daegu dan Gyeongsangbukdo di Korea Selatan. Bahkan, untuk mereka yang baru tiba dari negara-negara tersebut, wajib melewati jalur khusus ketika mendarat di Bandara Soekarno-Hatta.