Maskapai Air China Mulai Operasikan Pesawat Airbus A330 di Bandara Soetta

Jakarta nasional milik Republik Rakyat (RRC), Air mulai beroperasi memakai bertipe baru. Mulai Selasa, 26 September 2017 kemarin, maskapai Air China mengoperasikan Airbus A330 di Terminal 2 pada pukul 21.00 WIB. Sebelumnya, Air China melayani penerbangan dengan menggunakan tipe B737-800.

Senior General Manager (SGM) Kantor Cabang Utama Bandara Soetta, M. Suriawan Wakan - tangerangonline.id

Senior General Manager (SGM) Kantor Cabang Utama Bandara Soetta, M. Suriawan Wakan – tangerangonline.id

Menurut Senior General Manager PT Angkasa Pura (AP) II, Kantor Cabang Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta, M Suriawan Wakan, pihaknya menyambut baik upaya peningkatan dari maskapai Air China. “Ya, mulai hari ini (Selasa) atau nanti malam akan tiba pesawatnya,” ujar Wakan, seperti dilansir Liputan 6.

PT Angkasa Pura II dan Air China berupaya untuk terus meningkatkan pelayanan di Bandara Soetta seiring dengan pertumbuhan penumpang yang kian bertambah dari hari ke hari. “Tentunya dengan bergantinya pesawat dari narrow menjadi wide Body membuka peluang kedua negara untuk bersama-sama meningkatkan potensi ekonomi dan pariwisata,” ungkap Wakan.

Sementara itu, rute penerbangan yang dilayani oleh Air China masih sama seperti sebelumnya, yakni Xiamen. Saat menggunakan pesawat berjenis B737-800, Air China hanya mampu menampung penumpang sebanyak 167 orang. Namun dengan menggunakan pesawat A330, kapasitas penumpang maskapai Air China kini meningkat jadi 301 penumpang. Air China melayani 3 penerbangan setiap hari dengan tujuan Jakarta-Beijing dalam sepekan.

Belum lama ini Bandara Soetta juga telah mengoperasikan fasilitas skytrain tahap awal sejak (17/9) lalu. Sebagai permulaan, skytrain melayani perpindahan penumpang dari Terminal 3 ke Terminal 2 dan sebaliknya, pukul 07.00-09.00 WIB, 12.00-14.00 WIB, dan 17.00-19.00 WIB. “Pada tahap awal satu set kereta yang beroperasi dengan kapasitas 176 penumpang, di dalamnya terdapat 10 kursi,” beber Public Relation Manager PT Angkasa Pura II Yado Yarismano.

Ke depannya skytrain di Bandara Soetta akan dioperasikan selama 24 jam penuh setiap harinya. Penumpang juga bisa mencari tahu jadwal keberangkatan dan kedatangan skytrain lewat aplikasi Indonesia Airport di smartphone berbasis iOS maupun Android.