Lion Air Buka Kembali Rute Jakarta-Wuhan, Siapa Berminat Terbang?

JAKARTA – Meski pandemi COVID-19 belum sepenuhnya berakhir, ternyata telah mengoperasikan kembali Jakarta-Wuhan PP melalui Bandara Internasional . Maskapai yang dikenal berbiaya murah tersebut melayani menuju setiap hari Senin menggunakan pesawat Boeing 737-900.

Lion Air buka kembali rute Jakarta-Wuhan – www.liputan6.com

Dilansir dari Antara, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-2619 berangkat dari Jakarta pada pukul 06.20 WIB dan mendarat di Wuhan pada pukul 12.25 WIB. Sementara, rute sebaliknya dengan pesawat nomor penerbangan JT-2618  bertolak dari Negeri Panda pada pukul 15.10 waktu setempat (sekitar pukul 14.10 WIB) dan tiba di tanah air pada pukul 20.20 WIB.

Divisi Internasional Bandara Wuhan menyediakan tempat visa kepada penumpang asing. Selain itu, pihak bandara membentuk tim khusus untuk memandu para penumpang menyampaikan barang bawaan mereka kepada pihak bea cukai secara daring, lantaran banyak pekerja migran China yang tidak familiar menggunakan telepon seluler.

Menurut Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto, penerbangan tersebut sebenarnya bukan penerbangan berjadwal, melainkan berupa charter atau sewa. Meski demikian, Novie menuturkan bahwa penerbangan charter ini sudah memenuhi syarat terbang dan mendapatkan Flight Approval (FA) pada 18 April-19 April 2021 dari Direktorat Jenderal Penerbangan Udara untuk melayani WNA asal China untuk kepentingan pekerjaan atau perusahaan.

“Kami memastikan pembukaan rute penerbangan sudah sesuai dengan peraturan penerbitan FA dan telah memenuhi syarat keimigrasian dan kesehatan, serta kepentingan nasional dalam menangani penyebaran wabah CCOVID-19,” papar Novie, seperti dilansir dari Bisnis. “Penerbitan izin terbang atau FA tetap memperhatikan aspek pengendalian COVID-19 di Indonesia.”

Pemerintah China memang telah membuka kembali penerbangan internasional ke Wuhan, kota pusat penyebaran penyebab COVID-19 sejak September 2020 lalu. Pembukaan kembali penerbangan internasional dilakukan setelah pemerintah Negeri Panda mengklaim telah lulus dari penularan tersebut. Maskapai asal Korea Selatan, T’way, menjadi pesawat asing pertama di Wuhan pada 16 September 2020.