Libur 1 Muharam, Penumpang Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta Ramai

Jakarta – Pada momen panjang yang bertepatan dengan peringatan 1 Muharam 1444 Hijriah, pergerakan di Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten tampak ramai pada Sabtu (30/7). Sebagian besar penumpang di Terminal 1 terpantau melakukan perjalanan untuk pulang ke kampung halaman.

Suasana penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta – detik.com

Walaupun kondisi Bandara Soekarno-Hatta terlihat ramai, ternyata para penumpang juga mengeluhkan pesawat yang kini kembali naik. Salah satunya penumpang tujuan Padang bernama Andi. Ia mengaku cukup terkejut dengan tiket pesawat yang sekarang terus melonjak. “Kaget sih naik, biasanya beli Rp 800 ribu, tapi sekarang Rp1,2 juta. Cuma karena kebutuhan mau enggak mau tetap beli,” ujar Andi, seperti dilansir dari TVOnenews.

Kenaikan harga tiket pesawat itu tampaknya dipengaruhi oleh Airport Tax di Bandara Soekarno-Hatta yang mengalami penyesuaian mulai bulan Agustus 2022. Dengan harga tiket pesawat yang mahal, penumpang berharap pula adanya atau ekstra yang diberikan pada setiap penumpang. “Kalau harga mahal, ya kita harap sih seimbang juga sama yang kita dapat,” imbuh Andi.

Berdasarkan data dari manajemen Bandara Soekarno-Hatta, pada Sabtu (30/7) kemarin, pergerakan penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 106.838 orang dengan 746 pergerakan pesawat. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 18 persen dibandingkan hari biasa.

Menurut Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Agus Haryadi, saat ini pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta terus meningkat usai sebelumnya anjlok drastis akibat pandemi. Selama periode satu semester dari Januari – Juni 2022, tercatat ada lebih dari 18 juta pergerakan penumpang. “Dalam satu semester ini atau periode Januari hingga Juni 2022, ada 18,16 juta pergerakan penumpang, sehingga rata-rata per hari ada 100.346 pergerakan penumpang,” jelas Agus.

Rinciannya, penumpang internasional sebanyak 12 persen yakni 2.246.185 dan penumpang domestik 88 persen atau 15.916.525 orang. Adapun, tujuan populer yang diminati penumpang di Bandara Soekarno-Hatta meliputi Denpasar, Kualanamu, Surabaya, Makassar, dan Pontianak. “Untuk internasional, Singapura, Jeddah, Kuala Lumpur, Doha, dan Dubai,” tandasnya.