Imigrasi Tangerang Buka Layanan Eazy Passport, Urus Paspor untuk Umrah Jadi Mudah

Kelas 1 Tangerang membuka Eazy Passport untuk calon jemaah yang ingin membuat paspor secara mudah tanpa harus repot-repot datang dan mengantre di Kantor Tangerang.

Kantor Imigrasi Kelas 1 Tangerang – tangerangdaily.id

“Melalui layanan Eazy Passport, kami yang datang jemput bola,” kata Kepala Seksi dan Verifikasi Perjalanan Kantor Imigrasi Kelas 1 Tangerang, Ari Widodo di Tangerang, Jumat (22/10), seperti dilansir Tempo.

Adapun Eazy Passport sendiri merupakan pelayanan permohonan paspor yang dilakukan di luar kantor imigrasi dan menuju lokasi pemohon dengan menggunakan mobil layanan paspor keliling. “Layanan ini kami berikan untuk memberikan kemudahan calon jamaah Umrah yang ingin membuat paspor,” ujar Ari.

Layanan Eazy Passport untuk para calon jamaah umroh tersebut sengaja diselenggarakan sehubungan dengan mulai dibukanya pintu umrah oleh Saudi dan layanan selama pandemi Covid-19. Supaya para calon jemaah umrah dapat memanfaatkan layanan tersebut, Ari mengungkapkan bahwa pihak yayasan atau biro dapat mengajukan permohonan layanan Eazy Passport ke Imigrasi Tangerang secara tertulis. “Pembuatan paspor secara kolektif melalui Eazy Passport ini minimal 15 orang dan maksimal 60 orang,” jelas Ari.

Kemudian, tim Imigrasi Tangerang akan melakukan cek tempat untuk memastikan sarana dan prasarana apakah sudah sesuai dengan protokol di masa pandemi Covid-19. “Tempatnya harus lapang untuk memastikan tidak ada kerumunan dan bisa jaga jarak, sarana cuci tangan, hand sanitizer, barcode PeduliLindungi dan lainnya,” ungkap Ari.

Apabila tempatnya sudah sesuai, tim Eazy Passport Imigrasi Tangerang akan mendatangi lokasi dan membuat layanan pembuatan paspor di sana. “Layanan meliputi cek berkas, wawancara dan foto disana. Pemohon paspor bisa membayar melalui Bank. Selanjutnya tinggal menunggu paspor diterbitkan,” imbuh Ari.

Eazy Passport adalah program Direktorat Jenderal Imigrasi yang diaplikasikan secara nasional dengan tujuan mendekatkan layanan paspor ke masyarakat dan telah berjalan selama 1 tahun belakangan. “Nah karena pintu Umrah sudah dibuka, kami berinisiatif memberikan layanan ini secara khusus untuk para calon jamaah umrah,” ucapnya.