Libur Akhir Tahun, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Diprediksi Bakal Melonjak

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan adanya lonjakan menjelang libur panjang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di , Tangerang, Banten.

Novie Riyanto, Direktur Jenderal Perhubungan Udara - www.harnas.co

Novie Riyanto, Direktur Jenderal Perhubungan Udara – www.harnas.co

Menurut Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto, pada momen liburan akhir tahun kelak lonjakan penumpang diperkirakan mencapai 100 ribu orang per hari. Sedangkan di hari biasa selama pandemi (Covid-19) di Bandara Soetta jumlah penumpang hanya sekitar 65 ribu orang per hari.

“(Jumlah) penumpang diperkirakan (naik) 100 ribuan untuk karena penerbangan internasional belum ditentukan,” kata Novie, di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (24/11), seperti dilansir Medcom.

Tak hanya jumlah penumpang, jumlah penerbangan domestik pun diperkirakan bakal meningkat pada akhir tahun mencapai 1.000 pergerakan pesawat per hari di Bandara Soetta. Sedangkan saat hari-hari biasa jumlah penerbangan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta hanya sekitar 600 pergerakan. “Sekarang di Bandara Soekarno-Hatta rata-rata 650-700 penerbangan per hari, kemudian pada saat peak season natal dan tahun baru nanti perkirakan movement 1.000-an per hari,” papar Novie.

Novie juga menegaskan bahwa aktivitas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta telah menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat. Tak hanya memprediksi lonjakan penumpang dan penerbangan, Kemenhub juga membagikan health kit yang isinya masker, hand sanitizer, dan stiker imbauan protokol kesehatan. Health kit itu dibagikan secara gratis untuk para penumpang yang hendak bepergian melalui Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

“Kita kampanye kesehatan agar masyarakat pengguna transportasi udara yakin kita implementasikan protokol kesehatan ini secara sangat serius,” beber Novie. Di samping itu, ia menegaskan bahwa penerapan protokol kesehatan di Bandara Soetta sangat serius dan jadi poin utama dalam aktivitas penerbangan. “Tidak main-main, intinya protokol kesehatan jadi yang utama untuk transportasi udara dan mudah-mudahan giat transportasi udara bisa normal kembali,” ucap Novie.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berkali-kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi Covid-19 lewat disiplin protokol kesehatan. Misalnya saja disiplin menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.