Jumlah Penumpang Bandara Soekarno-Hatta Tembus 2 Juta Selama Lebaran 2022

Jakarta – Trafik di -bandara kelolaan PT Angkasa Pura (AP) II selama masa angkutan Lebaran, sejak arus mudik sampai arus balik terus mengalami peningkatan. Di , Tangerang, Banten misalnya, pergerakan selama periode 22 April – 8 Mei 2022, tercatat mencapai 2 juta orang dengan pergerakan sebanyak 15.873 penerbangan.

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II - bisnisjakarta.co.id

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II – bisnisjakarta.co.id

Adapun selama kurun waktu 17 hari secara kumulatif pergerakan penumpang di 20 bandara yang dikelola pelat merah ini mencapai sekitar 3,14 juta orang dengan pergerakan pesawat mencapai 25.122 penerbangan.

Menurut President Director AP II Muhammad Awaluddin, peningkatan lalu lintas penerbangan selama periode Lebaran kali ini bisa dikelola dengan baik oleh seluruh stakeholder. Angkasa Pura II dan stakeholder dapat mengakomodir tingginya permintaan kursi penerbangan melalui berbagai strategi.

“Lewat berbagai strategi seperti pengaturan slot time penerbangan, optimalisasi operasional di sisi udara (airside), penyesuaian operasional bandara secara keseluruhan dan lain sebagainya, AP II dan stakeholder mampu mengakomodir tingginya permintaan kursi penerbangan pada angleb 2022,” ungkap Awaluddin, Selasa (10/5), seperti dilansir dari Tempo.

Lalu lintas penerbangan di bandara-bandara kelolaan Angkasa Pura II, khususnya saat arus balik terus mengalami peningkatan yang melebihi target, misalnya saat puncak arus balik 8 Mei 2022. Pada 9 Mei 2022, masih terjadi puncak arus balik di mana jumlah pergerakan penumpang di seluruh bandara Angkasa Pura II diperkirakan sekitar 160.000-180.000 orang. “Khusus di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 133.000 orang,” ujar Awaluddin.

Seiring dengan tingginya animo masyarakat terhadap moda transportasi udara, Awaluddin memprediksi pergerakan penumpang selama periode 22 April – 13 Mei 2022 di bandara-bandara kelolaan Angkasa Pura II bisa lebih dari target awal sebesar 3,42 juta orang.

Pada puncak arus balik Lebaran, 8 Mei 2022 misalnya, kepadatan penumpang terjadi di 20 bandara Angkasa Pura II. “Khusus untuk Bandara Soetta hari ini (8 Mei 2022) pergerakan penumpang tidak kurang akan mendekati 150 ribu pergerakan penumpang, dengan pergerakan pesawat tidak kurang akan mendekati 1.100 take off landing,” papar Awaluddin.