Jokowi Tinjau Langsung Pembersihan & Sterilisasi Bandara Soetta dari Virus Corona

Jakarta bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Sekretariat Pratikno, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Idham Azis, pejabat tinggi , dan rombongan baru saja meninjau proses pembersihan atau sterilisasi sarana dan prasarana publik di Internasional pada hari Jumat (13/3) lalu.

Presiden Jokowi meninjau langsung pembersihan dan sterilisasi Bandara Soekarno-Hatta dari virus covid-19

Presiden meninjau langsung pembersihan dan sterilisasi Bandara Soekarno-Hatta dari covid-19 – jabarekspres.com

Kegiatan ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus atau Covid-19 serta memberi rasa aman dan nyaman untuk seluruh pengguna jasa Bandara Soetta yang merupakan salah satu gerbang masuk utama menuju Indonesia. Dalam peninjauannya tersebut, Jokowi dan rombongan berupaya memastikan jika proses pembersihan dan sterilisasi di Bandara Soetta telah berlangsung dengan baik, menyeluruh, mengutamakan dan kepentingan umum.

“Virus corona ini tak mengenal siapapun. Pergerakannya lintas batas. Sehingga ini harus kita cegah. Dari seluruh rangkaian kegiatan hari ini kita pastikan bahwa semua siap dalam upaya pencegahan virus Corona agar tidak masuk melalui transportasi udara. Ini akan kita lakukan rutin setiap hari,” ujar Jokowi, seperti dilansir Beritajatim.

Tak hanya pembersihan, Jokowi juga meninjau sejumlah alat pendeteksi suhu tubuh dan pelayanan kesehatan yang terdapat di Bandara Soetta. Kegiatan ini juga disampaikan oleh Jokowi pada akun Instagram resminya, Jumat (13/3). “Pengawasan yang ketat di bandara ini dilakukan dengan memberlakukan dua pintu masuk berbeda bagi negara-negara yang sudah diwaspadai,” papar Jokowi.

Jokowi pun menjelaskan, untuk yang berasal dari 4 negara yang mempunyai kasus virus corona tertinggi di dunia akan melewati beberapa pemeriksaan. “ yang berasal dari negara-negara Tiongkok, Italia, Korea Selatan, dan Iran, akan diperiksa sampai tiga kali,” ucapnya. Akan tetapi, untuk dari selain keempat negara itu hanya akan diperiksa sebanyak 2 kali. “Di luar negara itu, diperiksa dua kali dengan thermal scanner dan thermal gun,” sambung Jokowi.

Tak hanya bandara dan tempat ibadah, kegiatan pembersihan dan sterilisasi pun sebelumnya telah dilakukan di ruang publik lainnya seperti Gambir. Kegiatan tersebut bahkan ditinjau langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala BNPB Doni Monardo pada Kamis (12/3).