Jam Operasional Lebih Lama, Tarif KA Bandara Soetta Juga Naik

JAKARTA – Beberapa waktu lalu, PT Railink resmi merilis dan tarif terbaru perjalanan KA Internasional dan juga Bandara Internasional Kualanamu Medan untuk bulan November 2021. Pelanggan KA Bandara mungkin akan kecewa karena tersebut naik, meskipun jam operasionalnya sedikit lebih panjang.

Ilustrasi : Penumpang Kereta Bandara – detik.com

Dilansir dari akun Instagram resmi KAI Bandara Railink, harga tiket KA Bandara dari Duri, BNI City, dan Manggarai menuju Bandara Soekarno-Hatta atau sebaliknya masing-masing Rp70 ribu, seperti tarif ketika penerapan tahun 2018 lalu. Sementara itu, tarif KA Bandara relasi Stasiun Manggarai ke Stasiun Duri atau Stasiun BNI City serta relasi Stasiun Duri-Stasiun BNI City atau sebaliknya sebesar Rp10 ribu, sedangkan tarif relasi Stasiun Batu Ceper-Stasiun Duri atau sebaliknya Rp25 ribu, dan tarif Stasiun Batu Ceper menuju Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, dan Bandara atau sebaliknya masing-masing Rp35 ribu.

Tidak hanya harga tiket, manajemen KA Bandara juga mengubah jadwal perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta. Saat ini, perjalanan paling pagi dari Stasiun Manggarai berangkat pukul 06.07 WIB dan perjalanan paling akhir pukul 18.07 WIB. Sementara, perjalanan paling awal dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 07.19 WIB dan jadwal paling akhir pukul 19.49 WIB.

Sebaliknya, harga tiket KA Bandara Kualanamu di Medan justru mengalami penurunan, dari semula Rp100 ribu untuk relasi Medan-Bandara Kualanamu atau sebaliknya menjadi Rp50 ribu. Meski demikian, jadwal perjalanan tidak berubah, yakni berangkat paling pagi dari Stasiun Medan pada pukul 05.00 WIB, sedangkan paling akhir pada pukul 17.40 WIB.

KA Bandara Soekarno-Hatta dan KA Bandara Kualanamu sendiri resmi beroperasi kembali pada September 2021 setelah sempat berhenti sepanjang Juli hingga Agustus 2021 karena kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Kala itu, PT Railink memberikan diskon tarif tiket sebesar 76 persen seiring HUT RI ke-76 serta HUT PT Railink, dengan tarif termahal Rp35 ribu.