Penerbangan Jakarta-Lubuk Linggau PP Beroperasi Jelang Lebaran, Dilayani Batik Air

/ Menyambut arus mudik 2022, Bandara Silampari di Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, akan mengoperasikan kembali Jakarta-Lubuk Linggau PP. Difasilitasi Kementerian Perhubungan, rencananya tersebut akan dioperasikan Lion Air Group () mulai tanggal 22 April 2022 mendatang. 

Bandara Silampari di Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan

Bandara Silampari di Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan – sumeks.co

“Pembukaan penerbangan di Bandara Silampari tersebut difasilitasi Kementerian Perhubungan setelah sempat tertunda sejak tahun lalu,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan, Ari Narsa, dilansir dari Tempo. “Melalui fasilitasi tersebut, saat ini Kota Lubuk Linggau dengan pihak maskapai sedang melakukan pembahasan terkait pemantapan teknis penerbangan.”

Berdasarkan rapat koordinasi secara virtual pada tanggal 5 April 2022 lalu, Kementerian Perhubungan mengharapkan pembahasan teknis operasional tersebut bisa diselesaikan maksimal dua pekan ke depan untuk memberikan kepastian kepada calon penumpang pada arus mudik Lebaran nanti. Pemerintah Provinsi sendiri sangat mendukung rute penerbangan Lubuk Linggau-Jakarta bisa berlangsung permanen dengan tetap.

“Kami optimistis pembukaan kembali rute penerbangan bersama maskapai JT Group atau Lion Air Group tersebut bisa terealisasi sesuai waktu yang diharapkan,” timpal Wali Kota Lubuk Linggau, SN Putra Prana Sohe. “Optimisme itu lahir karena Bandara Silampari telah mempunyai pengalaman cukup baik dalam melayani penerbangan bersama maskapai tersebut sejak lima tahun terakhir.”

Ia menambahkan, jika tidak ada aral melintang, mulai tanggal 22 April 2022 nanti, Batik Air akan melayani penerbangan Jakarta-Lubuk Linggau dan sebaliknya secara reguler. Dalam penerbangan nanti, juga akan dihadiri langsung Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. “Dengan adanya penerbangan Batik Air rute Jakarta-Lubuk Linggau, dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam penerbangan,” sambung dia.

Sementara itu, terkait penerbangan domestik, mewajibkan calon penumpang pesawat sudah menerima vaksin booster. Untuk membantu layanan itu, Pemerintah Kota Lubuk Linggau secara khusus bakal menempatkan layanan vaksin booster bagi calon penumpang di Bandara Silampari. “Nanti disiapkan stand vaksin di Bandar Udara Silampari,” tutupnya.