Jadwal KA Bandara Soekarno-Hatta Kembali Berubah, Kini Lebih Pagi

JAKARTA – PT Railink meluncurkan Api Internasional dalam tampilan yang baru. Selain itu, perusahaan juga merilis jadwal teranyar kereta api tersebut yang berlaku mulai tanggal 10 Februari 2021. Sebelumnya, perjalanan KA Bandara ini telah mengalami beberapa kali perubahan karena memang masih dalam pandemi .

Kereta Bandara Soekarno-Hatta – www.liputan6.com

Dilansir dari akun Instagram resmi perusahaan, jadwal paling pagi dari Manggarai berangkat pukul 05.37 WIB. Melewati BNI City, Duri, dan Batu Ceper, kereta tiba di Bandara Soekarno-Hatta pukul 06.33 WIB. Sementara, sebaliknya berangkat paling pagi pukul 06.49 WIB dan sampai di Stasiun Manggarai pukul 07.45 WIB.

Sementara itu, untuk jadwal paling akhir berangkat pada pukul 17.37 WIB dari Stasiun Manggarai dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pukul 18.33 WIB. Adapun jadwal paling akhir dari Bandara Soekarno-Hatta, bertolak pukul 18.49 WIB dan tiba di Stasiun Manggarai pada pukul 19.45 WIB. Total, KA Bandara Soekarno-Hatta melayani 20 perjalanan atau 40 perjalanan pulang-pergi setiap hari.

PT Railink sendiri sudah beberapa kali menyesuaikan jadwal KA Bandara Soekarno-Hatta, terutama di masa pandemi virus corona. Pada September 2020 lalu misalnya, terdapat penyesuaian jadwal perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta yang awalnya 48 perjalanan per hari menjadi 40 perjalanan per hari, lantaran ada kebijakan (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di Jakarta.

Dengan adanya penyesuaian jadwal, jam KA Bandara Soekarno-Hatta kala itu juga mengalami perubahan. Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Railink, Mukti Jauhari, mengatakan, KA Bandara Soekarno-Hatta beroperasi mulai pukul 05.40 WIB hingga 17.40 WIB untuk relasi Stasiun Manggarai sampai Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, dan mulai pukul 06.57 WIB hingga 18.57 WIB untuk relasi Stasiun Bandara Soekarno-Hatta sampai Stasiun Manggarai.

“Jika tidak memenuhi ketentuan, tidak diperkenankan untuk melakukan perjalanan menggunakan KA Bandara dan dapat dibatalkan,” ujar Mukti. “ perlu menyerahkan boarding pass kepada petugas customer service dan melengkapi data sesuai form yang telah tersedia, dan jika memiliki tiket kembali, juga dapat langsung dilakukan proses pembatalan.”