Garuda Kembali Terbang Jakarta-Melbourne PP, Catat Tanggalnya

Seiring dengan meredanya pandemi Covid-19, banyak yang kembali membuka penerbangan yang sebelumnya sempat ditutup. pun tidak ketinggalan dengan mengoperasikan lagi rute Jakarta-Melbourne PP yang direncanakan mulai dibuka pada tanggal 23 N ovember 2022 mendatang dan dilayani dua kali dalam sepekan.

Maskapai Garuda Indonesia Kembali Terbang Jakarta-Melbourne PP (Sumber : www.inews.id)

“Dibukanya kembali rute dan dari dan menuju Melbourne ini menjadi salah satu upaya Garuda Indonesia dalam mengoptimalkan momentum pemulihan ekonomi nasional, khususnya sektor pariwisata,” papar Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, dalam keterangan tertulisnya. “Layanan ini akan beroperasi selama dua kali dalam satu pekan pada Rabu dan Sabtu menggunakan nomor penerbangan GA 71.”

Irfan melanjutkan, bernomor penerbangan GA 716 diberangkatkan dari Soekarno-Hatta pada pukul 21.00 LT dan tiba di Bandara Melbourne keesokan harinya pada pukul 07.35 LT. Sementara itu, untuk rute sebaliknya, bertolak dari Melbourne Airport pada pukul 09.10 LT dan mendarat di Jakarta pada pukul 12.15 LT memakai bernomor penerbangan GA 717.

“Hadirnya rute ini melengkapi rute Sydney-Denpasar PP yang sebelumnya telah lebih dulu beroperasi,” tambah Irfan. “Hal ini menjadi sinyal positif bagi peningkatan trafik penumpang internasional Garuda Indonesia mengingat Australia merupakan salah satu pangsa pasar potensial, sebagai salah satu negara dengan tingkat kunjungan tertinggi ke Indonesia.”

Menurut data terbaru, pada Juli 2022, jumlah kunjungan turis asal Australia menuju Indonesia menyentuh kisaran 80 ribu orang. Peluang pasar ini yang diyakini akan terus meningkat sejalan dengan berbagai relaksasi perjalanan antar-negara. “Selain mengakomodasi kebutuhan konektivitas yang lebih beragam bagi turis menuju berbagai wisata Indonesia, rute Jakarta-Melbourne PP ini juga diharapkan memberikan kemudahan perjalanan pulang pergi bagi pelajar Indonesia yang sedang melaksanakan studi di Australia, terutama di Melbourne, maupun bagi kalangan pekerja,” pungkas Irfan.

Sebelumnya, pada Maret 2022 lalu, Garuda Indonesia resmi mengoperasikan kembali rute Sydney-Denpasar PP. Saat itu, maskapai penerbangan nasional tersebut membawa 61 penumpang dari Negeri Kangguru ke Pulau Dewata yang sudah lama menunggu kedatangan kembali turis asing setelah sempat ditutup sekian tahun lantaran pandemi virus .