Garuda Indonesia & Batik Tambah Frekuensi Terbang ke Timika

Timika – Menjelang diselenggarakannya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2-15 Oktober 2021, dan Batik Air menambah frekuensi ke Mozes Kilangin Timika.

Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta - www.tribunnews.com

Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta – www.tribunnews.com

Menurut GM Garuda Indonesia Timika I Nyoman Teguh, armada pesawat Garuda Indonesia akan terbang ke Timika dengan Jakarta-Makassar-Timika-Jayapura dan sebaliknya dengan setiap hari, kecuali hari Minggu. Sementara itu, mulai awal Oktober 2021 Garuda Indonesia akan menambah 10 kali penerbangan ke Bandara Timika. 

Penerbangan tersebut ada yang berangkat langsung dari Jakarta ke Timika dan sebaliknya, ada juga rute Jakarta-Makassar-Timika-Jayapura dan sebaliknya, serta ada juga rute Jakarta-Denpasar-Timika-Jayapura dan sebaliknya. “Untuk extra flight tanggalnya tidak berurutan. Yang ada tambahan yaitu tanggal 26 September, tanggal 28 September, tanggal 29 September, tanggal 30 September, dan seterusnya,” papar Nyoman, seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut Nyoman menjelaskan, penambahan frekuensi terbang Garuda Indonesia ke Bandara Timika ini dilakukan guna mengangkut para atlet, official, dan kontingen dari berbagai provinsi yang akan berlaga dalam ajang PON XX di Timika.

Walaupun terdapat penambahan frekuensi penerbangan ke Bandara Timika, pihak Garuda Indonesia tetap menerapkan tarif tiket normal. “Tidak ada kenaikan harga tiket. Kami menerapkan tarif tiket sesuai batas atas dengan memberikan sub-sub kelas tiket dimana harganya bervariasi,” ucap Nyoman.

Sementara itu, maskapai Batik Air dari Lion Air Group berencana membuka kembali rute penerbangan langsung dari Jakarta ke Timika dan sebaliknya mulai tanggal 16 September 2021. Rute itu sebelumnya sempat dioperasikan Batik Air, tetapi berhenti beroperasi selama masa pandemi Covid-19. “Mulai 16 September akan ada dua armada pesawat Batik Air yang melayani penerbangan ke Timika. Satunya rute Makassar-Timika-Jayapura dan sebaliknya yang selama ini sudah berjalan dan satu lagi rute Jakarta-Timika dan sebaliknya,” beber Airport Manajer Lion Air Grup Timika Imran.

Imran menuturkan, dalam sepekan terakhir permintaan tiket penerbangan Batik Air rute Jakarta-Makassar-Timika-Jayapura dan sebaliknya sudah mulai mengalami peningkatan drastis dengan tingkat keterisian kursi mencapai 90-95 persen. Batik Air mengoperasikan armada pesawat Airbus A320 ke Bandara Timika dengan kapasitas penumpang 156 orang untuk kelas bisnis dan ekonomi. “Permintaan tiket mulai minggu lalu, minggu ini sampai minggu depan sangat meningkat, makanya kami membuka dan menambah penerbangan ke Bandara Timika,” pungkasnya.