Garbarata di Bandara tak selalu Tersedia, ini alasannya!

Bandarasoekarnohatta.com – Di setiap lazim terlihat Garbarata, yakni semacam jembatan penghubung antara dan . Dengan adanya Garbarata, calon dapat langsung menyeberang ke badan tanpa harus keluar dari gedung terminal.

garbarata - bali.tribunnews.com

garbarata – bali.tribunnews.com

Sayangnya, penumpang pesawat tak selalu mendapat kesempatan untuk bisa menikmati fasilitas ini, hingga tak jarang harus menggunakan bus untuk bisa naik ke pesawat. Mengapa demikian?

Pertanyaan ini dijawab oleh Chaerul Anwar, Public Relation Manager Angkasa Pura II. Chaerul menjelaskan, garbarata memang tak selalu tersedia mengingat keterbatasan parking stand. Setiap maskapai penerbangan juga telah memiliki tersendiri untuk menggunakan fasilitas garbarata yang telah diatur oleh pihak Angkasa Pura.

“Misalnya di (bandara) Soekarno Hatta, garbarata sudah terjadwal untuk pesawat maupun mancanegara. Ketika garbarata itu kosong (atau) tidak digunakan, pasti dalam waktu dekat ada pesawat lain akan datang menggunakan Garbarata yang telah dijadwalkan,” ujar Chaerul.

“Kita tetap usahakan untuk kenyamanan penumpang. Walaupun tak dapat garbarata, tetap disediakan bus untuk ke pesawat,” sambungnya.

Chaerul memaparkan, kebijakan penggunaan garbarata atau tidak di bandara untuk penumpang bukan hanya berlaku di dalam negeri, melainkan di seluruh dunia. Untuk itu, penumpang diminta tak perlu khawatir dengan kebijakan penggunaan garbarata tersebut.

“Kalau tetap mau ada garbarata, dikhawatirkan akan membuat jadwal penerbangan menjadi terlambat. Penggunaan garbarata itu sudah terjadwal untuk masing-masing maskapai,” tukasnya.