Terus Dikembangkan, INAirport Bandara Soekarno-Hatta Usung Fitur Baru

JAKARTA – PT Angkasa Pura II terus melakukan di , termasuk untuk aplikasi INAiport. Aplikasi tersebut ke depannya direncanakan memiliki sejumlah baru seperti peta navigasi di dalam terminal atau indoor navigation module, layanan berbasis chatbot, jadwal transportasi darat secara live, signage translation, serta boarding scanner module.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menunjukkan mesin check-in digital - ekonomi.bisnis.com

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menunjukkan mesin check-in digital – ekonomi.bisnis.com

“Sejak 2016, kami melakukan transformasi digital, dan sekarang sudah memiliki tiga platform digital, yaitu mobile platform Indonesia Airports (INAirport) untuk publik, lalu mobil platform iPerform untuk internal, dan Smart Airport Collaborative Decision Making (A-CDM) untuk stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta,” papar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin. “Kami juga menjalankan Digitally Ready for Operation and Infrastructure Development atau DROID Platform untuk menyinergikan dan mengolaborasikan ketiga platform digital agar dapat optimal dalam mendukung operasional bandara.”

Khusus untuk aplikasi INAirport, yang dapat diunduh di iOS dan Android, saat ini sudah memiliki 11 fitur untuk memberikan digital experience guna mewujudkan kelancaran dalam melakukan perjalanan (seamless journey) bagi traveler. Fitur-fitur tersebut adalah e-check in, pemesanan hotel dan tiket pesawat, informasi jadwal penerbangan, informasi tenant komersial, informasi transportasi darat, informasi layanan di bandara, informasi layanan bantuan darurat, airportainment, informasi wisata, berita-berita terbaru, dan e-commerce.

“Pengembangan terus dilakukan terhadap aplikasi INAirport,” sambung Awaluddin. “Ke depannya, kami merencanakan INAirport memiliki fitur seperti peta navigasi di dalam terminal atau indoor navigation module, layanan berbasis chatbot, jadwal transportasi darat secara live, signage translation, serta boarding scanner module.”

Adapun untuk meningkatkan kolaborasi di antara stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II menyiapkan dashboard Smart A-CDM yang dapat diakses melalui gedung Airport Operation Command Center (AOCC). Fungsi Smart A-CDM ini adalah sebagai wadah para stakeholder, di antaranya PT Angkasa Pura II, maskapai, AirNav Indonesia, dan pihak ground handling untuk saling berbagai data dan informasi.