Ramadan Festival di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta Diramaikan 40 UMKM

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) II mengadakan Ramadhan Festival di , Tangerang, Banten sejak tanggal 26 April – 5 Mei 2021. Dalam kegiatan spesial di bulan Ramadan tersebut, AP II menampilkan berbagai produk dari para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Agus Haryadi, Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta - jakarta.tribunnews.com

Agus Haryadi, Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta – jakarta.tribunnews.com

Dalam festival yang diselenggarakan di area kedatangan Terminal 2E dan 2F Bandara Soetta itu setidaknya ada 40 UMKM yang turut berpartisipasi. Ada ratusan produk UMKM yang unjuk gigi, mulai dari fashion, F&B (food and beverage), sembako, makanan olahan, dan produk lain.

Menurut Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Agus Haryadi, kegiatan Ramadhan Festival sengaja digelar untuk memberi kesempatan pada para pelaku UMKM untuk bangkit kembali selama masa pandemi Covid-19 ini sekaligus memeriahkan suasana bulan Ramadan di Bandara Soekarno-Hatta.

“Seperti kita ketahui bersama, Bandara Soekarno-Hatta merupakan sebagai salah satu rujukan pelaksanaan protokol Covid-19 yang dinilai baik. Oleh karenanya kami mengadakan event secara offline guna membantu pelaku UMKM dan memudahkan pengguna dan pekerja di Bandara Soekarno-Hatta untuk menemukan kebutuhan pada saat berbuka puasa,” kata Agus, Selasa (27/4), seperti dilansir Tribunnews.

“Dalam pelaksanaan Ramadhan Festival ini tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Kami juga telah berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan yakni Satgas Covid-19 dan instansi terkait untuk pelaksanaan kegiatan ini,” imbuh Agus.

Lebih lanjut Agus memaparkan, dari 40 UMKM yang turut berpartisipasi dalam Ramadhan Festival 2021, 30 di antaranya adalah mitra binaan program CSR PT Angkasa Pura II. “Sementara 10 pelaku UMKM lainnya belum masuk dalam pengelolaan CSR PT Angkasa Pura II. Seluruh UMKM yang ditampilkan di dalam kegiatan ini berasal dari Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan wilayah lain yang ada di Provinsi Banten,” beber Agus.

Ia menegaskan, AP II berupaya untuk terus mendukung UMKM agar dapat bertahan di masa pandemi. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan menyediakan tempat bagi UMKM untuk memasarkan produk-produknya. “UMKM harus kita support. Kita tahu mereka memiliki produk-produk yang bagus tapi kesulitan dalam pemasaran. Makanya kita berikan kesempatan untuk manggung di Bandara Soekarno-Hatta,” tandas Agus.