Mudahkan Jemaah Haji, Bandara Soekarno-Hatta Sediakan Fasilitas Makkah Route

Jakarta – PT Angkasa Pura II (Persero) membangun Makkah Route di , Tangerang, Banten untuk mempercepat proses imigrasi para jemaah haji. Makkah Route atau Fasttrack ini diinisiasi oleh Arab Saudi dan Indonesia guna memudahkan proses keimigrasian jamaah haji asal Tanah Air saat hendak masuk ke Arab Saudi.

Perjalanan Pelaksanaan Haji - mediaindonesia.com

Perjalanan Pelaksanaan Haji – mediaindonesia.com

“Melalui inisiatif Makkah Road, jamaah haji dapat menjalani proses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi di Bandara Soekarno-Hatta sebelum berangkat dengan menuju Tanah Suci,” ujar President Director AP II, Muhammad Awaluddin, Rabu (15/6), seperti dilansir dari IDXChannel.

Awaluddin menambahkan, hal itu juga memudahkan jemaah haji ketika tiba di Bandara Jeddah atau Madinah untuk bisa memasuki wilayah Arab Saudi. “AP II menyiapkan seluruh fasilitas yang dibutuhkan di Terminal 2 termasuk juga bersama stakeholder menetapkan alur keberangkatan jamaah haji mulai dari asrama haji, lalu menuju area Makkah Road, hingga naik pesawat,” katanya.

Dengan adanya Makkah Route, calon jemaah haji yang melakukan pemberangkatan dari Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) dan Jakarta Bekasi (JKS) melalui Bandara Soekarno-Hatta, pemeriksaan keimigrasiannya dilakukan di tiap embarkasi yang sudah ditentukan. “Segala proses keimigrasian dilaksanakan di asrama haji baik itu di Bekasi, maupun di Pondok Gede. Setelah itu jemaah akan diangkut menggunakan bus langsung ke Terminal 2F,” terangnya.

Fasilitas yang telah disiapkan oleh Angkasa Pura II meliputi area Central Corridor Terminal 2 berkapasitas sekitar 900 – 1.000 orang sebagai tempat tunggu (area holding) para jamaah, sebelum menuju ruangan lain yang dilengkapi 15 konter imigrasi Arab Saudi untuk memproses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi melalui skema Makkah Road. Lewat 15 konter imigrasi Arab Saudi, diperkirakan tiap jemaah melakukan pre-clearance imigrasi dalam waktu 60 detik.

Di sekitar area tempat penerapan skema Makkah Route tersebut juga disiapkan berbagai fasilitas umum untuk kebutuhan jemaah haji, termasuk 2 musala sementara, yang terletak di area holding dan di area boarding lounge.

“Bandara Soekarno-Hatta adalah satu-satunya bandara di Indonesia yang dilengkapi fasilitas layanan dini pre-clearance kemigrasian Kerajaan Arab Saudi atau Makkah Route. Sehingga, jamaah haji sebelum berangkat ke Tanah Suci dapat menjalani proses keimigrasian Kerajaan Arab Saudi di Bandara Soekarno-Hatta, untuk mempermudah jamaah saat kedatangan di bandara Madinah atau Jeddah,” pungkasnya.