Citilink Kembali Layani Rute Penerbangan Jakarta-Kuala Lumpur Setiap Hari

Jakarta kembali melayani Jakarta-Kuala Lumpur pergi pulang (PP) mulai Jumat (15/7) kemarin. Setelah dinonaktifkan selama 2 tahun lamanya akibat pandemi, Citilink dari Internasional , Tangerang, Banten menuju Kuala Lumpur tersebut akan dioperasikan setiap hari.

Maskapai Citilink Bandara Internasional Soekarno-Hatta - wartakota.tribunnews.com

Maskapai Citilink Bandara Internasional Soekarno-Hatta – wartakota.tribunnews.com

Menurut Direktur Utama Citilink, Dewa Kadek Rai, penerbangan Jakarta-Kuala Lumpur diharapkan dapat meningkatkan pariwisata sekaligus memberi kontribusi positif untuk perekonomian. “Jadi semenjak awal tahun pandemi (Covid-19), kami sudah melakukan penghentian operasi penerbangan ke Kuala Lumpur, mengingat banyaknya yang terinveksi Covid-19 masyarakat di Indonesia ataupun Kuala Lumpur dan adanya aturan-aturan tertentu, sehingga kita melakukan setop di awal pandemi, yaitu di awal tahun 2020,” jelas Dewa di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Jumat (15/7), seperti dilansir dari Liputan6.

Untuk melayani penerbangan Jakarta-Kuala Lumpur, maskapai anak perusahaan dari Garuda Indonesia ini mengoperasikan armada pesawat Jet Airbus 320 yang memiliki kapasitas penumpang sebanyak 180 kursi. “Kita akan terbang setiap hari, 7x seminggu. Setiap hari 1 penerbangan PP. Ada harga khusus untuk calon penumpang, sebagai pengenalan kembali rute ini. Dimulai dari harga Rp1,6 juta, dengan pilihan kursi semua kelas ekonomi,” papar Dewa.

Dewa mengharapkan, dengan dibukanya kembali penerbangan langsung antar Indonesia dengan Malaysia ini bisa memulihkan kondisi perekonomian dan pariwisata di dua negara. Adapun pesawat Citilink dijadwalkan berangkat dari Bandara Soetta (CGK) pada pukul 11.25 WIB kemudian mendarat di Kuala Lumpur sekitar jam 14.45 waktu setempat. Sedangkan untuk rute sebaliknya dari Kuala Lumpur berangkat pukul 15.40 waktu setempat dan tiba di Jakarta pukul 17.10.

Rute penerbangan Jakarta-Kuala Lumpur PP tersebut sekaligus akan menambah layanan penerbangan internasional Citilink antara Indonesia dengan Malaysia. Sebelumnya, maskapai LCC (low cost carrier) ini telah membuka rute penerbangan Medan-Penang PP yang beroperasi sejak tanggal 10 Juni 2022 lalu.