AP II Salurkan Dana Rp765 Juta untuk 18 UMKM Sekitar Bandara Soekarno-Hatta

Jakarta II Kantor Cabang Utama (KCU) kembali menyalurkan dana Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) senilai Rp765 juta pada Selasa (28/6) lalu. Tercatat ada sebanyak 18 pelaku UMKM mitra binaan yang menerima kucuran dana bantuan modal dari AP II.

Agus Haryadi, Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta - jakarta.tribunnews.com

Agus Haryadi, Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta – jakarta.tribunnews.com

Menurut Executive General Manager PT Angkasa Pura II KCU Bandara Soetta Agus Haryadi, pendanaan tersebut adalah rangkaian Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT Angkasa Pura II dalam mendorong dan meningkatkan perekonomian masyarakat lewat pembinaan dan pendampingan terhadap pelaku UMKM.

“Pada triwulan II tahun 2022 ini, kami manajemen Bandara Soekarno-Hatta kembali mengeluarkan dana sebesar Rp765 juta kepada 18 pelaku UMKM yang berada di wilayah sekitar Bandara Soekarno-Hatta,” kata Agus, Rabu (29/6), seperti dilansir dari Tangerangonline.

Selama periode Januari-Juni 2022, AP II KCU Bandara Soetta telah menyalurkan dana sebesar Rp1,4 miliar pada UMKM mitra binaan. “Total dana yang telah kami kucurkan dalam semester I tahun 2022 untuk program PUMK ini mencapai Rp1,4 miliar untuk pelaku UMKM mitra binaan kami yang tersebar di Tangerang,” jelas Agus.

Selain membantu mitra binaan dengan modal usaha, AP II juga memberi pelatihan-pelatihan dan pendampingan untuk pengembangan usaha UMKM. “Kami juga memberikan pendampingan kepada mereka seperti pelatihan promosi, bagaimana cara melakukan packaging dan labeling yang baik dan pelatihan-pelatihan lainnya. Ini semua kami lakukan untuk mendorong dan meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya pelaku UMKM mitra binaan kami,” beber Agus.

Dalam pemasaran produk UMKM, AP II juga menyediakan panggung untuk tempat pemasaran, baik di perkantoran, , dan pada acara-acara khusus. “Kami sering menyiapkan panggung dan mengundang mitra binaan untuk mengenalkan dan memasarkan produk-produk mereka, baik itu di penumpang maupun di event-event khusus,” katanya.

“Terbaru, 52 pelaku UMKM mitra binaan kami dapat memasarkan produk mereka di acara Bazaar UMKM dan Pasar Murah di Stadion Benteng Reborn Kota Tangerang,” imbuhnya. Dengan adanya program PUMK ini, Agus berharap bisa membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha dan meningkatkan perekonomian masyarakat.