Bandara Soetta Lakukan Berbagai Persiapan Hadapi Masa Libur Natal & Tahun Baru

Tangerang – PT Angkasa Pura (AP) II saat ini mulai melakukan berbagai persiapan untuk menyambut lonjakan lalu lintas menjelang panjang peringatan Natal 2018 dan 2019. Walaupun masih sebulan lagi, AP II sudah mulai mempersiapkan diri.

Suasana calon penumpang di pintu keberangkatan 1B – tribunnews.com

“Kami akan mempersiapkan supaya lebih baik yang akan datang dibanding sebelumnya,” ujar Executive General Manager, Bandara Soekarno-Hatta M Suriawan Wakan di Bandara , Tangerang, Kamis (22/11), seperti dilansir Republika.

Sampai sekarang kabarnya sudah ada beberapa yang mengajukan penerbangan tambahan atau extra flight untuk Natal dan Tahun Baru, misalnya saja Lion Air, Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan beberapa lainnya. “Saat ini kita masih mendata dan cek berapa slot penambahan penerbangan pada 2018 ini namun, diprediksi meningkat dan tidak jauh dari tahun sebelumnya,” ungkap Wakan.

Lebih lanjut Wakan menjelaskan, umumnya seluruh maskapai akan mengajukan penerbangan tambahan dengan jumlah yang relatif seimbang antara penerbangan rute dan juga . Sebagai informasi, tahun 2017 lalu terdapat sekitar 1.200 extra flight atau penerbangan tambahan pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru dengan penerbangan terbanyak untuk destinasi domestik seperti Yogyakarta, Malang, dan Bali.

“Tahun ini ada juga yang penambahan penerbangan ke penerbangan internasional tapi, memang tidak sebanyak domestik. Kami pun belum bisa memastikan berapa extra flight nya karena masih proses,” papar Wakan.

Demi menjaga keamanan dan kenyamanan moda udara selama libur Natal dan Tahun Baru, PT AP II pun akan melakukan koordinasi dengan sejumlah stakeholder agar dapat memperketat pengamanan dan pemantauan di wilayah Bandara Internasional Soekarno-Hatta. “Tahun ini kita akan terus melakukan koordinasi yang baik dengan seluruh stakeholder untuk mempersiapkan , ketertiban, keamanan, dan kenyamanan, akan kita jamin,” ucap Wakan.

Pada momen liburan Natal dan Tahun Baru kali ini Bandara Soetta juga hendak membuka posko khusus. Posko tersebut kemungkinan akan dioperasikan sejak H-7 Natal sampai H+7 Tahun Baru 2019.