Soekarno-Hatta Raih Peringkat Ke-43 Terbaik di Dunia Versi Skytrax

Jakarta , Tangerang, Banten yang dikelola oleh PT Angkasa Pura (AP) II berhasil mencetak prestasi dalam ajang penghargaan Skytrax World Airport Awards 2023. Bandara Soetta menduduki peringkat ke-43 dalam daftar 100 bandara terbaik di dunia (World’s Top 100 Airports 2023). Tahun ini Bandara naik 8 peringkat dari posisi tahun 2022 lalu.

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II - bisnisjakarta.co.id

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II – bisnisjakarta.co.id

Menurut President Director AP II Muhammad Awaluddin, kenaikan peringkat Bandara Soekarno-Hatta dalam daftar World’s Top 100 Airports 2023 adalah hasil dari konsolidasi dan kolaborasi setiap stakeholder bandara. Kenaikan peringkat dalam deretan 100 bandara terbaik di dunia ini dicapai di tengah pemulihan lalu lintas yang ditekan pandemi.

“Hasil ini sekaligus merefleksikan keberhasilan Bandara Soekarno-Hatta dalam mengelola peningkatan penerbangan, memenuhi permintaan yang tumbuh, dengan tetap memperhatikan kenyamanan traveler,” jelas Awaluddin, Jumat (17/3), seperti dilansir dari Kompas.

Tak cukup sampai di situ, Bandara Soekarno-Hatta juga menduduki posisi ke-5 dalam daftar bandara terbaik dunia untuk kategori 40-50 juta penumpang (Best Airports 2023: 40 to 50 Million Passengers). Director of Operation AP II Muhamad Wasid mengungkapkan, Bandara Soekarno-Hatta melaksanakan program penyeimbangan kapasitas terminal untuk menjamin kenyamanan traveler di tengah peningkatan lalu lintas penerbangan.

Pemulihan lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta telah berlangsung sejak tahun 2022, disusul dengan meningkatnya pergerakan pesawat dan penumpang. Kemudian, Bandara Soekarno-Hatta melakukan rebalancing capacity di mana sejumlah maskapai berpindah operasional dari terminal satu ke terminal lainnya. “Ini untuk memastikan kapasitas masing-masing terminal terjaga dan standar pelayanan dapat sesuai standar,” tandas Wasid.

Adapun hasil Skytrax World Airport Awards 2023 berlandaskan survei yang dilakukan sejak bulan Agustus 2022 hingga Februari 2023 pada lebih dari 550 bandara terhadap traveler yang berasal dari lebih 100 negara. Survei tersebut mengevaluasi pengalaman traveler terhadap bandara di berbagai area, meliputi check-in, kedatangan, transit, komersial, keamanan dan imigrasi, hingga gate keberangkatan.