Layanan Pas Bandara Soekarno-Hatta Tutup Sampai 9 April 2020

Jakarta – Otoritas terpaksa menutup sementara Pas Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten mulai Kamis (26/3) kemarin sampai tanggal 9 April 2020 mendatang.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta - id.wikipedia.org

Bandara Internasional Soekarno-Hatta – id.wikipedia.org

Menurut Kepala Otban Wilayah I Kelas Utama Herson, pelayanan pas tahunan, bulanan, dan visitor dihentikan sementara karena mempertimbangkan adanya risiko penularan (Covid-19). “Pelayanan pas kami tutup dulu sampai kondisi membaik,” ujar Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah I Kelas Utama Bandara Soekarno-Hatta Herson, Kamis (26/3), seperti dikutip dari Kompas.

Lebih lanjut Herson menambahkan, penutupan layanan Pas Bandara Soetta ini tercantum dalam Surat Edaran Nomor SE.05 Tahun 2020 dengan pertimbangan adanya risiko penyebaran corona virus disease atau Covid-19 di lingkungan kantor Otoritas Bandar Soekarno-Hatta. “Risiko penularan pada saat memberikan pelayanan terhadap pemohon pas dan pegawai,” ungkap Herson.

Lewat surat edaran itu, Herson juga memberlakukan kerja dari rumah untuk para pegawai Kantor Otoritas Bandara Soekarno-Hatta. Adapun Kantor Otban sendiri baru mulai beroperasi lagi tanggal 13 April 2020. “Diberlakukan kembali 13 April 2020 dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi yang ada,” beber Herson.

Sementara itu, untuk para pemohon pas Bandara Soetta yang hendak melakukan perpanjangan tahunan atau bulanan dan sudah melakukan pendaftaran hingga 26 Maret 2020 akan diberi dispensasi sampai 1 Mei 2020 dengan ketentuan bukti pendaftaran perpanjangan diberikan validasi oleh Kantor Otban Wilayah I Kelas Utama. “Bagi permohonan pas bandar udara mingguan agar menyampaikan surat permohonan kepada kepala kantor Otban dan waktu proses akan dihubungi lebih lanjut,” imbuhnya.

Pemohon pas visitor pun bisa mengajukan permohonan pas secara online tanpa melakukan proses foto. “Pemohon dapat memberikan atau mengirim pas foto melalui WhatsApp pelayanan dan pas visitor yang telah diterbitkan dapat diambil pada posko 24 jam kantor Otban,” tutur Herson.

“Kami mengimbau bahwa perlu kewaspadaan tinggi terhadap risiko penularan virus korona yang sangat mudah dan cepat, serta mengimbau perlunya kerjasama seluruh Iapisan masyarakat, untuk memutus rantai penularan dengan WFH dan physical distancing. Semoga wabah ini dapat segera teratasi dan kita semua senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa,” tandasnya.