Vakum Dua Tahun, Bandara Soekarno-Hatta Kembali Gelar Parade Budaya Nusantara

JAKARTA – Setelah sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, Internasional Soekarno-Hatta kembali menggelar Parade Nusantara untuk mempromosikan . Parade tersebut digelar pada akhir pekan kemarin di Bandara Soekarno-Hatta bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional .

Parade Budaya Nusantara di Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Parade Budaya Nusantara di Bandara Internasional Soekarno-Hatta – datacore.id

“Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional dan sejalan dengan tema Harkitnas tahun ini, yaitu ‘Ayo Bangkit Bersama!’, kembali menghadirkan Parade Budaya Nusantara dan mengajak seluruh stakeholder udara untuk mendukung kebangkitan pariwisata Indonesia,” papar Direktur Utama , Muhammad Awaluddin. “Parade Budaya Nusantara di Bandara Soekarno-Hatta pertama kali digelar pada 2018, tetapi dihentikan pada 2020 karena adanya pandemi Covid-19.”

Seperti dilansir dari Okezone.com, pada kuartal kedua 2022, Parade Budaya Nusantara kembali hadir sejalan dengan penanganan pandemi yang semakin membaik dan diikuti dengan relaksasi protokol termasuk di sektor transportasi udara. Parade Budaya Nusantara kali ini menampilkan seni budaya dari lima pulau besar di Indonesia, yakni Sumatra, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, dan Papua.

Tari Bedana, silat, dan rebana dari Lampung mewakili Sumatra, kemudian ada tari Paris Barantai dari Kalimantan Selatan, Kirab Keraton dan gamelan dari Jawa Tengah, Tulude, Sangihe, dan Tari Empat Wayer dari Sulawesi Utara, dan tari Yosim Pancar serta alat musik tifa dari Papua. Para penampil budaya Nusantara ini menampilkan seni budaya dengan berkeliling di Terminal 3 sembari menyapa dan pengunjung bandara.

“Bandara Soekarno-Hatta sebagai beranda Indonesia memiliki peran vital dalam mendukung pariwisata nasional,” sambung Awaluddin. “Kami menjadikan Bandara Soekarno-Hatta tidak sekedar tempat naik dan turun pesawat saja, tetapi juga sebagai tourism hub yang mempromosikan kekayaan pariwisata dan budaya Tanah Air, sehingga kami akan menampilkan berbagai atraksi budaya yang menarik bagi wisatawan.”

Sementara itu, Direktur SDM dan Digital InJourney Holding, Herdy Rosadi Harman, menuturkan bahwa program Parade Budaya Nusantara sangat tepat untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Menurutnya, bandara harus dapat menghadirkan suasana yang kental tentang Indonesia. “AP II sudah merintis ini sejak 2018 dan harus kita gencarkan. Saya ucapkan selamat kepada AP II,” katanya.